Sekelompok pemuda dari beberapa daerah di tanah air sepakat mendirikan kelompok bantuan bernama 'White Helmets Indonesia'

Ilustrasi White Helmet Indonesia
Sekelompok pemuda dari beberapa daerah di tanah air telah mendirikan kelompok bantuan bernama 'White Helmets Indonesia' (WHI), karena terinspirasi perjuangan Pertahanan Sipil Suriah yang mengenakan helm putih.

Bandung dipilih jadi basis gerakan kemanusiaan berasas Islam Ahlusunnah ini. Pasalnya, kota Kembang dianggap strategis, serta tak terlalu "sumpek" dan metropolis seperti Jakarta.

Habib Amin al-Jamalulayl diangkat menjadi ketua WHI. Anggotanya berasal dari Aceh, Cirebon, Surabaya, Sidoarjo, Jakarta, Yogyakarta dan simpatisan di dalam negeri maupun luar negeri.

Kepada Risalah di kawasan pusat kota Bandung, WHI menegaskan lembaganya masih "fresh", memiliki semangat besar mewakili Indonesia di kancah kemanusiaan internasional.

"WHI (White Helmets Indonesia) ruang operasi bergerak di bidang kemanusiaan baik rescue, dan community building", tulis lembaga ini.

Untuk tahap awal, WHI akan ambil peran dalam isu-isu besar kemanusiaan di dunia Islam, seperti Suriah (mencakup pengungsi di Turki dan Yordania), Rohingya serta isu Palestina.

Sementara di dalam negeri, WHI akan memiliki tim respon cepat kebencanaan dan trauma healing.

Lalu tim dakwah atau pembinaan masyarakat pedalaman. Ditambah layanan ambulans yang dimulai di kota Bandung.

Aktivitas kemanusiaan yang telah digarap WHI
Untuk Suriah, WHI berencana merealisasikan program panti jompo atau merawat para manula di Suriah terlantar yang tak punya keluarga.

Sayangnya WHI masih enggan membuka secara rinci program mereka kepada Risalah.

"Biar jadi kejutan nanti..", kata ketua WHI.

Terkait tudingan miring orang-orang Syi'ah terhadap White Helmet (Pertahanan Sipil Suriah) dan WHI, Habib Jamalulayl hanya tertawa.

"Itu kan (fitnah murahan) orang bodoh. Logikanya tidak jalan. White Helmet itu dapat Oscar, masuk Netflix, berfoto sama pejabat AS dan PBB, darimana asalnya teroris? Pemimpinnya, Raed Saleh, itu bahkan dikenal berhaluan sosialis dalam politik. Bagaimana dikaitkan dengan Al-Qaeda?", ia menjelaskan.

Raed Saleh, 2 dari kiri, bersama Dubes AS di PBB
Sementara itu, mengupgrade skill anggotanya, WHI mengirim utusan untuk lebih mendalami pelatihan Search And Rescue (SAR) yang diadakan WANADRI, di wilayah Situgunung, Sukabumi.
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.