Polisi: Keputusan pemindahan Ahok penahanan diambil dengan pertimbangan keamanan

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyapa awak media saat tiba di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (9/5)

Aksi protes massa 'kotak-kotak' pasca penahanan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengalir di depan Rutan Cipinang, Jakarta Timur.

Pihak Rutan memutuskan menitipkan Ahok ke rumah tahanan di Markas Komando (Mako) Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo mengatakan Ahok sudah dipindahkan ke Markas Komando (Mako) Brimob Kelapa Dua, Depok, Rabu (10/5) dini hari.

Menurutnya, keputusan pemindahan penahanan diambil dengan pertimbangan keamanan.

"Sudah pindah malam ini, sudah pindah ya. Kami mewakili dari institusi dan sekaligus menjawab pertanyaan rekan media. Ini atas permintaan instansi Kemenkumham dan melihat dinamika hari ini maka dipindahkan ke Mako Brimob", kata Kombes Andry Wibowo dikutip dari Liputan6.

Andry menyebutkan, proses berlangsung cepat dan sesuai standar operasional pemindahan tahanan. Ahok menumpang mobil dinas dengan pengawalan ketat.

"Barusan pemindahan dengan kendaraan dinas. Barusan saja berbarengan atau tidak lama sebelum Ibu Vero keluar. Dikawal polisi sama dari rutan", ungkap Andry yang didampingi Karutan Cipinang.

Kepala Rutan Cipinang Asep Sutandar menjelaskan pemindahan dilakukan dengan alasan keamanan, dimana kemampuan Rutan terbatas.

"Sesegera mungkin ya karena memang demi keamanan. Karena malam ini kita penghuninya banyak sekali sementara petugas hanya ada 22 orang yang jaga. Jadi untuk alasan keamanan kami memohon kepada Polri untuk penitipan penahanan di Mako Brimob", kata Asep.

Selain keamanan, pihaknya berkewajiban menjaga psikologis tahanan lain yang merasa terganggu atas penahanan Ahok di sana.

"Keamanan dan pengamanan terganggu juga teman-teman yang di dalam terusik juga dengan suara aksi. Kemudian juga pengunjung tahanan lain jadi bertahan. Di Mako Brimob lebih representatif lah", terang Asep.

Terganggu Teriakan Pendukung, Ahok Dipindahkan ke Mako Brimob
Massa Ahokers bakar-bakar di depan Cipinang (Tempo)
Tidak diketahui kapan tepatnya Ahok telah dipindahkan ke Mako Brimob. Wak media hanya mengetahui kepulangan istri Ahok, Veronica Tan, dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Djan Faridz. (Liputan6/Tempo)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.