Breaking news, Trump langsung serang pangkalan udara Assad di provinsi Homs dengan 50 rudal jelajah

Presiden AS Donald Trump
Presiden selain AS Donald Trump serius dengan ucapannya pasca serangan gas kimia di Idlib Selasa lalu.

Sebelumnya ia menyatakan akan ada "tindakan" dan "AS berhadapan langsung dengan Assad".

Kamis malam waktu AS, Trump memerintahkan serangan rudal ke pangkalan rezim Suriah yang diduga kuat menjadi tempat asal diluncurkannya serangan senjata kimia mematikan.

Menurut Trump, keputusan yang diambilnya ini demi "kepentingan keamanan nasional" AS terhadap Basyar al-Assad.

"Malam ini saya memerintahkan serangan militer kepada pangkalan udara di Suriah asal serangan kimia diluncurkan. Ini adalah untuk kepentingan keamanan nasional yang vital bagi Amerika Serikat untuk mencegah dan menghalangi penyebaran atau penggunaan senjata kimia mematikan", katanya.

Trump memutuskan mengambil tindakan "terberat" yang dilakukan AS di Suriah, sehingga meningkatkan risiko konfrontasi dengan Rusia dan Iran, dua pendukung utama rezim Assad.

"Usaha di tahun-tahun sebelumnya gagal mengubah perilaku Assad dan gagal dengan sangat dramatis", kata Trump dari resor di Mar-a-Lago, lokasi ia menghadiri pertemuan puncak dengan Presiden China Xi Jinping.

Para pejabat AS juga membenarkan pihak militer menembakkan puluhan rudal jelajah terhadap pangkalan udara yang dikendalikan pasukan Assad.

Sekitar 50 rudal Tomahawk diluncurkan dari kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Porter dan USS Ross, di bagian timur Laut Mediterania.

Menghajar beberapa sasaran, seperti lapangan terbang, pesawat dan stasiun bahan bakar di Shayrat Air Base, sumber pejabat AS mengatakan, yang berbicara dengan syarat anonimitas.

Laporan kerusakan dari serangan belum diketahui.

Televisi rezim Assad memberitakan propaganda dengan menyebut "Agresi AS telah menargetkan pangkalan militer Suriah" dan "menyebabkan sejumlah kerugian". (Reuters)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.