Kondisi memanas bukan hanya di lapangan Suriah, tapi juga percaturan politik negara Adidaya. Donald Trump ingin menegaskan ia berbeda dengan pendahulunya, Barack Obama

Image result for trump
Presiden AS Donald Trump
Presiden AS Donald Trump menyebut penguasa Suriah, Basyar al-Assad sebagai “orang jahat” dan “binatang”.

Hal itu disampaikannya dalam sebuah wawancara dengan Fox Business Network. Komentar Trump menyebabkan kegemparan bagi warga Suriah, termasuk yang ada di AS.

Trump meningkatkan tekanannya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin agar mencabut dukungannya untuk Assad, pasca serangan gas kimia Sarin yang menewaskan sekitar 89 warga sipil, termasuk 33 anak kecil.

"Sebenarnya Putin menyokong seseorang yang betul-betul jahat. Saya kira ini sangat buruk untuk Rusia. Sangat buruk bagi umat manusia dan buruk bagi seluruh dunia", ujar Trump mengkritik dukungan Putin kepada Assad.

Menurut Trump, jika Rusia tidak mendukung "binatang ini", merujuk pada Assad, maka tidak ada masalah seperti sekarang di Suriah.

"Ketika anda menjatuhkan gas, bom atau bom barel (birmil), yaitu drum yang diisi dinamit padat. Lalu dijatuhkan di tengah-tengah kumpulan warga.. Anak-anak yang tak punya senjata, tak punya pertahanan.. Maka sejujurnya (saya katakan) ini adalah kelakuan binatang", tegas Trump.

Wawancara Trump disiarkan Rabu (12/4) pagi waktu AS jelang kunjungan Menlu Rex Tillerson ke Moskow.

Tillerson bertemu dengan Menlu Rusia, Sergey Lavrov. Belum jelas apakah ia akan ada pertemuan dengan Putin atau tidak.

Inilah cuplikan wawancara Trump yang mengutuk Assad dan memperingati Rusia:


Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.