Para tahanan berusaha bertahanan hanya dengan memakan garam dan minum air

Aarab Marwan Barghouti, anak dari tokoh tahanan Palestina Marwan Barghouti (AlJazeera)
Ratusan orang di media sosial Arab memposting video dalam kampanye "Saltwater Challenge".

Mereka meminum air garam untuk menunjukkan solidaritas pada tahanan Palestina di penjara Israel yang sedang melakukan mogok makan.

Aksi mogok telah berlangsung selama seminggu. Para tahanan berusaha bertahanan hanya dengan memakan garam dan minum air.

Kampanye "Saltwater challenge" diinisiasi oleh Arab Barghouti, putra dari tokoh tahanan Palestina Marwan Barghouthi yang menjadi pemimpin mogok makan.

"Ayah saya, bersama dengan 1.700 tahanan politik lainnya, memulai 'Mogok Makan untuk Kebebasan dan Kemasyhuran' mereka menuntut hak dasar dan kondisi penjara yang lebih manusiawi", ujar Barghouti junior.

Video tantangan beredar luas di kalangan orang-orang Palestina dan Arab, bahkan mendapat partisipasi dari sejumlah tokoh masyarakat.

Tagar #saltwaterchallenge di Twitter menjadi viral di media sosial baik dalam bahasa Arab maupun Inggris.

Ia juga mengajukan tantangan ini kepada selebriti "Arab Idol" Mohammad Assaf. Tantangan diterima oleh Assaf dan seketika meningkatkan kampanye.

Menurut perhitungan Palestina, Israel saat ini menahan lebih dari 6.500 warga Palestina, termasuk 57 perempuan dan 300 anak, di 24 penjara dan pusat penahanan. (Anadolu Agency)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.