Aktivis Eropa demi mengampanyekan peduli Suriah telah berjalan sejauh 1500 km, dan akan berlanjut hingga mencapai perbatasan Turki-Suriah

Aktivis Eropa
Para aktivis perdamaian yang melakuan pawai internasional menuju Suriah telah tiba di kota Nis, Serbia, pada Kamis (13/4).

Civil March For Aleppo ini diselenggarakan oleh aktivis asal Berlin menyerukan penghentian pemboman di negara Suriah dan memberikan bantuan bagi warga sipil.

Mereka berencana menapaki jalur Berlin-Suriah dengan berjalan kaki.

Gerakan dipimpin oleh aktivis dan jurnalis Polandia, Anna Alboth. Ia mengundang kalangan umum yang ingin bergabung dengan mereka untuk membuktikan penentangan terhadap perang.

"Kami telah berjalan lebih dari 1.500 kilometer dan ini sudah separuh perjalanan", ujarnya.

“Dalam kelompok ini ada orang-orang dari Austria, Jerman, Polandia, Italia dan bahkan Brasil. Beberapa telah bergabung sejak awal, dan beberapa sudah kembali (tidak melanjutkan). Tapi tetap saja kehadiran mereka adalah hal berharga," imbuh Alboth.

"Mungkin karena pekerjaan, keluarga atau alasan lain, mereka tidak mampu berada jauh dari rumah selama berbulan-bulan, tapi mereka mendukung kami", tambahnya.

Minggu ini, suami Alboth bersama dengan anak perempuan mereka yang berusia 6 dan 7 tahun, bergabung dalam pawai.

Aksi ini dimulai pada akhir Desember di Berlin. Para aktivis berjalan melalui Republik Ceko, Austria, Slovenia, Kroasia serta Bosnia dan Herzegovina.

Mereka akan melanjutkan perjalanan melalui Serbia, Macedonia, dan Yunani untuk mencapai Suriah melalui Turki bulan September mendatang.

Jan Horz dari Polandia, yang ikut aksi sejak di Berlin, mengatakan bahwa mereka menyebarkan pesan perdamaian pada penduduk lokal di setiap kota yang diewati.

"Orang-orang datang dan bertanya siapa kita dan apa yang kita lakukan. Kami menjelaskan kepada mereka tentang ide ini. Kami tahu bahwa ini tidak akan menghentikan perang, tetapi dapat mempengaruhi pikiran orang tentang perang", jelasnya.

“Kami ingin perdamaian di Suriah, tetapi juga ingin perdamaian pada umumnya", ujar Horz. (Anadolu Agency)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.