NATO dan Rusia beberapa waktu belakangan saling menunjukkan aktivitas agresif masing-masing di wilayah Eropa timur

Tentara Polandia dan AS menghadiri upacara penyambutan di Orzysz, Polandia. (13/4/2017. AlJazeera/Reuters)
Polandia pada Kamis (13/4), menyambut kedatangan tentara AS dalam pasukan multinasional yang akan disebar di seluruh wilayah Baltik terkait menghadapi ancaman potensial dari Rusia.

Tiga formasi lainnya akan mulai beroperasi pada Juni mendatang di seluruh wilayah.

Lebih dari 1.100 tentara (900 tentara AS, 150 Inggris dan 120 Rumania) akan dikerahkan di Orzysz, sekitar 57 km di selatan Kaliningrad, wilayah Rusia pinggiran Laut Baltik.

Moskow diketahui menempatkan rudal berkemampuan membawa nuklir dan sistem pertahanan rudal udara S-400 di wilayah ini.

"Menyebar pasukan ke Polandia adalah contoh persatuan NATO dan mengirimkan pesan yang jelas kepada calon penyerang", ujar Panglima Tertinggi NATO, Jenderal Curtis Scaparrotti, pada upacara penyambutan di Orzysz, 220 km dari ibukota Warsawa.

Polandia telah berusaha keras melobi penempatan pasukan NATO di wilayahnya karena khawatir dengan keagresifan Rusia di sisi timur, terutama setelah aneksasi Krimea 2014 lalu.

Presiden Polandia Andrzej Duda menyebut penyebaran pasukan ini sebagai momen bersejarah "yang ditunggu selama beberapa generasi".

Rusia, pada Mei 2016, berjanji memberi tindakan balasan jika NATO menempatkan lebih banyak batalion di Polandia dan negara-negara Baltik lain.

Mereka akan memperkuat sisi-sisi barat dan selatan dengan divisi baru.

Moskow geram dengan kehadiran militer NATO di sekitar negara-negara yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet. Juga sesi latihan yang dianggap dekat dengan perbatasan.

Rusia akan memasang rudal udara S-400 dan sistem Iskander berkemampuan nuklir di pinggiran Kaliningrad, sebagai balasan atas penyebaran pasukan NATO yang disebut-sebut sebagai "perisai pertahanan" di Eropa Timur. (Al-Jazeera)
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.