Sekitar 44 orang tewas dalam serangan bom bunuh diri di katedral Koptik dan gereja Mesir lainnya dalam perayaan Minggu Palma

Keadaan setelah terjadi ledakan di gereja Koptik Tanta, Mesir (9/4/2017. Reuters)
Sekitar 44 orang tewas dalam serangan bom di katedral Paus Koptik dan gereja Mesir lainnya dalam perayaan Minggu Palma.

Kelompok teroris ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Serangan terjadi di tengah rencana Paus Fransiskus (pemimpin Vatikan) mengunjungi Mesir akhir bulan nanti.

Pemboman pertama terjadi di Tanta, kota di Delta Nil, sekitar 100 km utara Kairo. Bom menghancurkan bagian dalam Gereja St. George, menewaskan 27 orang dan melukai sekitar 78 lainnya, menurut Departemen Kesehatan.

"Yang kedua, terjadi beberapa jam kemudian di Alexandria. Bom mengenai Katedral Saint Mark, kursi bersejarah Paus Koptik, dan menewaskan 17 orang, termasuk tiga polisi. 48 lainnya terluka", menurut pernyataan kementerian.

Paus Koptik Tawadros sedang memimpin massa di Katedral Saint Mark saat ledakan terjadi, tapi tidak terluka, menurut Kementerian Dalam Negeri.

Sementara itu, ISIS mengklaim dua tentaranya mengenakan rompi bunuh diri untuk melakukan serangan. Militan juga megancam akan ada lebih banyak serangan selanjutnya.

"Salibis dan murtadin sekutunya harus tahu perhitungan antara kami dan mereka sangat besar. Mereka akan membayar dengan sungai-sungai darah dari anak-anak mereka.... Tunggu kami, karena kami akan menunggu kalian", ujar pernyataan militan ultra ekstremis itu.

Dalam pidato di televisi, Presiden Mesir as-Sisi mengumumkan keadaan darurat dalam tiga bulan ke depan lewat persetujuan DPR.

Ia menyerukan persatuan nasional dan mendesak media menahan diri dari liputan yang dapat membahayakan.

Sisi juga memerintahkan penyebaran pasukan segera untuk mengamankan fasilitas vital.

Cabang ISIS di Mesir kerap melakukan serangan dan ancaman terhadap warga Kristen.

Mesir memiliki 10 persen warga Kristen dari jumlah populasi sekitar 90 juta jiwa. Mereka merupakan populasi Kristen terbesar di Timur Tengah. (Al-Jazeera)
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.