Harga minyak melonjak lebih dari 2 persen hari Jum'at (7/4). Kenaikan terjadi setelah Amerika Serikat meluncurkan puluhan rudal jelajah

tanki penyimpanan minyak mentah di hub minyak Cushing, Oklahoma, kehabisan ruang untuk menyimpan pasokan berlebih. (24/3/2016. REUTERS)
Harga minyak melonjak lebih dari 2 persen hari Jum'at (7/4). Kenaikan terjadi setelah Amerika Serikat meluncurkan puluhan rudal jelajah ke pangkalan udara rezim Suriah.

Harga menurun kembali karena tampaknya tidak ada ancaman langsung terhadap pasokan.

Minyak mentah Brent LCOc1 sempat melonjak menjadi $56,08 per barel.

Pedagang menyebutnya sebagai reaksi spontan. Kemudian harga berkurang menjadi $55,62 per barel, masih naik 1,3 persen dari penutupan terakhir.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) CLc1 juga naik lebih dari 2 persen ke level tertinggi menjadi $52,94 per barel, dan surut menjadi $52,46, naik sekitar 1,45 persen.

Kedua merek dagang ini mencapai posisi tertinggi mereka sejak awal Maret.

"Serangan rudal jelajah di luar AS telah membuat harga minyak mentah melompat lebih dari 2 persen", ujar Jeffrey Halley dari pialang Oanda di Singapura.

Lokasi Suriah di Timur Tengah mungkin menimbulkan kekhawatiran momen ini dapat mengganggu pengiriman minyak mentah.

Serangan juga mengguncang pasar global. Produk safe haven seperti emas melonjak, sementara pasar saham dan dolar AS merosot.

"Di luar sektor energi, investor telah pindah ke sektor defensif hari ini, terutama utilitas dan penambang emas", ujar Gary Huxtable dari Australia Atlantik Pacific Securities.

Mengenai pasokan minyak, pasar tetap memiliki kelebihan, meski OPEC berupaya memotong pasokan agar mengatrol harga.

Data perdagangan di Thompson Reuters Eikon menunjukkan volume minyak mentah yang dikirim secara global mencapai 1,4 miliar barel di bulan Maret,

Arus minyak sangat tinggi selama paruh kedua tahun 2016, sebelum pemotongan produksi dicanangkan oleh OPEC. (Reuters)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.