Negara-negara industri G7 tidak sepakat dengan permintaan Inggris yang ingin memberi hukuman tambahan bagi Rusia

Menlu Inggris Boris Johnson (Reuters)
Menteri luar negeri dari negara industri Kelompok Tujuh (G7) tidak mencapai kesepakatan tentang saran Inggris agar memperketat sanksi bagi rezim Suriah dan Rusia, menurut menteri luar negeri Italia Selasa (11/4).

Menlu Inggris, Boris Johnson, ingin membahas sanksi atas dugaan serangan senjata kimia pekan lalu di Idlib. Serangan diduga kuat dilakukan oleh tentara Assad.

Italia, yang menjadi tuan rumah pertemuan G7 di Tuscany, menyebut gagasan itu tidak mendapat cukup dukungan.

"Tidak ada kesepakatan saat ini untuk menerapkan sanksi baru sebagai metode efisien mencapai tujuan kami", ujar Menteri Luar Negeri Angelino Alfano.

"Ada pendapat yang jelas berbeda, dan saya mengacu pada rekan saya Boris Johnson, yang mengangkat masalah ini", katanya.

"Posisi G7 yang sangat jelas. Kami mendukung sanksi yang telah ada", paparnya.

Para pejabat Italia memperkirakan, sanksi yang dikenakan pada Rusia akibat pencaplokannya Krimea 2014 lalu juga berefek pada ekonomi bisnis Italia.

Alfano mengatakan, G7 tidak ingin menyudutkan Rusia, tapi justru mencari hubungan konstruktif.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Marc Ayrault menerangkan, saran Johson hanya mendapat sedikit perhatian dari Amerika AS, Jerman, Kanada, Italia, Perancis dan Jepang.

"Pertanyaan itu tidak disebutkan oleh siapa pun, kecuali Boris Johnson, tapi kami tidak berbicara tentang hal itu lebih jauh", ujar Ayrault.

Namun, Johnson mengatakan, sanksi lebih lanjut akan disepakati jika bukti keterlibatan dapat dikumpulkan.

Inggris dan mitra di Eropa menunggu hasil penyelidikan oleh Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), ujar Johnson.

"Ada pertimbangan yang sangat luas tentang kesepakatan semalam, jika kita dapat menunjukkan keterlibatan petugas Rusia dalam membantu operasi militer Suriah, maka mereka juga harus diberi sanksi", jelasnya. (Reuters)
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.