2 orang warga Bangladesh dihukum mati atas tuduhan membunuh Ahmed Rajib Haider, blogger Atheis-Liberal

Ilustrasi negara Bangladesh
Pengadilan Tinggi Bangladesh pada Minggu (2/4) membenarkan adanya hukuman mati pada dua anggota kelompok Islamis terlarang.

Keduanya dihukum mati atas tuduhan membunuh Ahmed Rajib Haider, blogger Atheis-Liberal.

Rajib dikenal dalam kampanye yang menyerukan tanggung jawab penjahat perang, termasuk dalam perang kemerdekaan Bangladesh-Pakistan tahun 1971.

Masalah ini menyasar tokoh-tokoh Islamis. Ia juga dinilai menyudutkan mereka.

Rajib diparang sampai mati di Dhaka pada 2013.

Dua pelaku yaitu Redwanul Azad Rana dan Faisal Bin Nayem, anggota dari kelompok Ansharul Islam yang terkait dengan al-Qaeda.

Pada 2015, polisi Dhaka mengadakan sayembara sebesar 500.000 taka ($6410) bagi perburuan Rana. Ia diyakini sebagai pemimpin kelompok itu.

Rana juga dituduh membacok sampai mati blogger lain, seorang warga Bangladesh kelahiran AS, Avijit Roy. Insiden terjadi pada tahun yang sama.

Bangladesh berusaha menangani kekerasan dalam empat tahun terakhir.

Sejak Juli tahun lalu, beberapa militan ditangkap atau tewas dalam operasi polisi karena terlibat dalam serangan kafe Dhaka. Serangan menyebabkan 22 orang tewas, sebagian besar orang asing.

Tahun 2013, aksi gerilyawan menimbulkan korban tewas atau terluka sebanyak 48 orang. Jumlah termasuk enam orang kritikus kaum Islamis di dunia maya. (Reuters)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.