Setidaknya 10 orang tewas dalam pertempuran antara pasukan pemerintah Somalia dan petempur al-Syabaab

Ilustrasi (AA)
Setidaknya 10 orang tewas dalam pertempuran antara pasukan pemerintah Somalia dan petempur al-Syabaab, Kamis (23/3), menurut polisi dan pejabat militer.

Menurut Mohamed Ali, kapten polisi di kota Barawa, wilayah bawah Shabelle, Somalia, pertempuran dimulai setelah milisi al-Syabaab menyerang pangkalan tentara nasional Somalia di Barawa.

Korban tewas termasuk pasukan pemerintah, anggota al-Syabaab, dan tiga warga sipil.

"Petempur al-Syabaab menyerang pangkalan militer Somalia di dekat Barawa. Pertempuran dimulai sekitar pukul 04:30 waktu setempat", ujar Ali.

Tentara Somalia menewaskan lebih dari lima anggota al-Shabaab dalam pertempuran, menurut Komandan militer Barawa Kolonel Abdirahman Roble.

Barawa merupakan kota pelabuhan kuno yang strategis, terletak sekitar 179 kilometer dari ibukota Somalia, Mogadishu.

Barawa berada di bawah kendali al-Syabaab selama enam tahun, namun pasukan pemerintah dukungan AMISOM (milik Uni Afrika) mengambil alih pada 2014.

Pemerintah Somalia telah memerangi cabang al-Qaeda ini sejak tahun 2004.

Selasa lalu (21/3) tujuh orang tewas dalam serangan bunuh diri di Mogadishu setelah Perdana Menteri Hassan Ali Khaire mengumumkan kabinet.

Bentrokan bersenjata ini terjadi saat penjuru negeri itu dilanda kekeringan parah, termasuk wilayah al-Syabaab.

Wilayah negara Somalia terpecah dalam kontrol beberapa pihak, pemerintah Mogadishu didukung PBB dan Uni Afrika, pemerintah Puntland yang menginginkan Otonomi. Sedangkan pemerintah Somaliland menginginkan kemerdekaan.

Al-Syabaab sendiri adalah kelompok bersenjata yang secara de facto menguasai sejumlah wilayah di Somalia selatan. (Anadolu Agency/rslh)
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.