Sementara foto-foto yang diunggah oposisi menunjukkan mayat-mayat tentara Assad. Namun ada juga yang tertangkap hidup-hidup

Pejuan Ahrar Syam

Oposisi Suriah melancarkan serangan kejutan pada Minggu (19/3), mendekati jantung Kota Tua Damaskus.

Pasukan rezim Assad membalas dengan serangan bom intens di daerah yang dikuasai oposisi, sehingga menewaskan belasan warga sipil.

Failaq Rahman, Ahrar Syam dan Tahrir Syam terlibat serangan di distrik Jobar dan Abbasiyin, 2 km di timur dari Kota Tua.

Televisi rezim mengatakan, tentara "telah memukul mundur upaya penyusupan militan dan membombadir dengan artileri".

Menurut seorang saksi mata, pasukan Assad mengerahkan tank di beberapa kawasan untuk aktif berpatroli.

"... Tentara menerjunkan puluhan anggotanya di jalan-jalan, dan tank sedang digerakkan. Suara mortir dari Jobar belum berhenti", ujar seorang warga di distrik Tijara.

Menurut saksi saksi lain, sebagian besar toko ditutup di sekitar daerah pertempuran, sementara orang-orang mulai melarikan diri.

Ledakan besar terdengar dalam siaran televisi rezim yang disiarkan langsung dari Abbasiyin.

Sumber oposisi mengatakan, serangan di Jobar adalah tanggapan atas gempuran rezim di Qaboun dan Barza, dua distrik di utaranya.

"Ini untuk meningkatkan tekanan dari oposisi. Rezim tidak berhenti membom atau menembaki warga kami", ujar Abu Abdo, komandan pejuang Failaq Rahman.

Ia juga menambahkan, operasi oposisi dimulai dengan dua serangan bom berani mati dari kelompok Tahrir Syam yang mengincar pasukan Assad.

Sejumlah sumber lokal menyatakan oposisi berhasil merebut wilayah antara Jobar dan Qaboun, sehingga menghubungkan keduanya.

Sementara foto-foto yang diunggah oposisi menunjukkan mayat-mayat tentara Assad. Namun ada juga yang tertangkap hidup-hidup.

Tentara pro Assad tertangkap

Oposisi juga mengklaim memusnahkan sebanyak 7 buah tank.

Pertempuran berlanjut hari Senin (20/3), pasukan rezim mencoba merebut kembali daerah yang hilang dengan ratusan pemboman atau roket ke arah oposisi.

Kelompok pemantau SOHR melaporkan, pasukan rezim telah mengambil lagi daerah-daerah yang hilang tersebut.

Sebanyak 26 tentara Assad tewas, termasuk 3 perwira. Sementara pihak oposisi kehilangan 21 pejuangnya, ungkap SOHR.
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.