Patung-patung di Istana Bogor ditutupi daun, sementara para menteri perempuan mengenakan kerudung

Puan Maharani memakai jilban
Ada beberapa kejadian unik dan tak terduga yang terjadi saat Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud berkunjung ke Istana Bogor, kemarin.

Pihak Istana benar-benar mempersiapkan kunjungan dengan baik. Selain protokol keamanan, makanan, dan hiburan, ada juga beberapa hal detail kecil yang namun menarik perhatian.

Salah satunya adalah penutupan sejumlah patung di area yang akan dilewati Raja Salman saat tamu negara itu berkeliling di halaman Istana Bogor. Patung 'disembunyikan' lantaran bentuknya berupa perempuan tanpa busana.

Patung itu terletak di tempat Raja Salman dan 16 pangeran diagendakan menanam pohon.

Sementara itu, patung serupa yang memang tidak akan dilewati Raja, tidak ditutupi daun-daunan. Sebagai perbandingan, patung yang berada jauh di sebelah kanan Gedung Istana Bogor yang biasanya menjadi tempat parkir tamu.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan, penutupan itu merupakan bentuk hormat Istana terhadap budaya dan kunjungan Raja Salman.

"Itu bagian kami menghormati tamu-tamu kami", kata Djumala dikutip CNN Indonesia.

Bentuk penghormatan lainnya adalah pengenaan kain kerudung oleh sejumlah menteri perempuan Indonesia.

Mereka ialah Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, hingga Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastusi.

Kain kerudung dikenakan saat kelima menteri menyambut kehadiran rombongan Raja.

Kerudung tetap dipakai saat para menteri satu persatu maju menandatangani nota kesepahaman bersama menteri Arab Saudi bidang terkait.

Djumala mengatakan, hal itu merupakan inisiatif dan pemahaman menteri saat menjamu. Istana sama sekali tidak secara khusus meminta pengenaan kain kerudung, begitu pula dengan Arab Saudi.

"Tidak ada request. Dalam etika dan pakem diplomatik, itu simbol atau cara kami menghormati tamu", kata Djumala..

Memang, ini bukan kali pertama mereka mengenakan kain kerudung. Para menteri itu sesekali terlihat mengenakan kain kerudung, biasanya saat kunjungan kerja ke Aceh.

Kejadian tak terduga
Sudah jauh hari pihak Istana mengagendakan acara tanam pohon bersama Raja Salman dan Pangeran di halaman Istana Bogor.

Rencananya, Presiden Joko Widodo akan mendampingi Raja Salman menanam kayu besi dan Pangeran menanam pohon kenari. Penanaman ini sebenarnya untuk menunjukan kedekatan dan persahabatan kedua negara.

Akan tetapi hujan deras mengguyur kawasan Bogor setibanya Raja Salman di Istana.

Raja Salman bahkan terlihat kebasahan karena cipratan air hujan saat Jokowi mendampinginya masuk teras Istana.

Agenda berubah akibat kejadian alam itu. Hujan menyebabkan upacara penyambutan digelar di beranda depan Istana. Tak hanya itu, agenda tanam pohon pun urung dilakukan.

Hingga sore hari, hujan masih terus mengguyur Bogor. Sekop, ember, dan peralatan menanam lainnya dibiarkan teronggok hingga rombongan Raja Salman meninggalkan Istana Bogor.

Djumala mengatakan, Istana telah membicarakannya bersama tim Arab Saudi. Penanaman disepakati diseting ulang.

Agenda itu rencananya digelar siang ini di halaman tengah Istana Kepresidenan Jakarta. (CNN Indonesia)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.