Keputusan Arab Saudi memotong pajak perusahaan minyak Aramco membuat nilai perusahaan merangkak ke angka di atas $ 1 triliun (Rp 13.500 triliun)

Gedung Aramco di Houston, Texas (Reuters)
Keputusan Arab Saudi memotong pajak perusahaan minyak Aramco membuat nilai perusahaan merangkak ke angka di atas $ 1 triliun (Rp 13.500 triliun), menurut seorang analis, Selasa (28/3).

Senin (27/3), pemerintah memotong tarif pajak untuk Aramco menjadi 50 persen dari 85 persen.

Hal ini dilakukan sebagai persiapan untuk IPO (penjualan saham) tahun depan. Saham yang akan ditawarkan pada pasar dunia sebesar 5 persen.

"Dengan mengurangi tarif pajak, akan lebih banyak uang yang masuk ke pemilik daripada pemerintah", ujar Espen Erlingsen, wakil presiden analisis di Rystad Energi, layanan konsultasi minyak dan gas berbasis di Oslo dan New York .

"Total nilai pendapatan Saudi Aramco setelah pengeluaran sekitar $3,4 triliun. Dengan sistem pajak lama, sekitar 88 persen diberikan pada pemerintah melalui pajak dan royalti, sedangkan dengan sistem baru, hanya sekitar 60 persen yang akan masuk ke pemerintah", ujar Erlingsen.

Erlingsen menghitung nilai Aramco berdasarkan diskonto dari arus kas bebas pada masing-masing bidang minyak.

Dengan tarif pajak baru, pembayaran perusahaan kepada pemerintah diharapkan berlangsung dalam bentuk dividen, bukan pajak.

Menurutnya, harga minyak akan mencapai $75 saat IPO berlangsung.

"Dengan asumsi harga minyak jangka panjang rata-rata $75 per barel, valuasi perusahaan meningkat dari $0,4 triliun menjadi $1,4 triliun", katanya.

Ini menjadi kabar baik bagi pemerintah Saudi, yang sedang berusaha menutupi defisit anggaran sebesar $79 miliar.

Wakil Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengatakan, IPO akan menghargai Aramco minimal sebesar $2 triliun.

Jumlah yang jauh lebih kecil dari itu bisa membahayakan tawaran dan merusak posisi bargain politik negaranya.

Menurut Konsultan global Sanford C. Bernstein & Co, estimasi nilai perusahaan tidak memungkinkan karena Aramco tidak merilis informasi keuangan rinci.

Namun, ukuran cadangan minyak Saudi yang lebih besar dibandingkan perusahaan minyak lainnya, membuat Aramco terlihat murah, bahkan dengan harga $2 triliun. (Reuters)
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.