China ingin terwujudnya perdamaian Israel-Palestina, Beijing siap menjadi penengah yang objektif

Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Cina (21/3/2017. REUTERS)
Selasa (21/3), Presiden Cina Xi Jinping berkata kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, bahwa perdamaian dengan Palestina akan berdampak baik untuk kedua pihak.

Xi, yang memainkan peran kecil dalam konflik Timur Tengah, menilai kestabilan di kawasan tersebut merupakan kepentingan semua orang.

China memiliki hubungan yang semakin dekat dengan sejumlah negara Timteng, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

Sebagai contoh, Beijing mengklaim membantu upaya mengakhiri perang Suriah.

Sumber diplomat berbasis di Beijing mengatakan, China dapat bertindak sebagai penengah objektif ​​tanpa beban historis seperti Amerika dan Eropa.

"Mengembangkan perjanjian Timur Tengah secara damai dan stabil, dengan kepentingan umum dari semua pihak, termasuk China dan Israel", ujar Xi dalam pernyataan

"China menghargai Israel untuk menyikapi 'solusi dua negara'..", tambahnya.

Utusan China terkadang mengunjungi Israel dan Palestina, tetapi peran menengahi tidak begitu banyak.

China, secara tradisional, memiliki hubungan yang baik dengan Palestina.

Sementara itu, Netanyahu lewat pernyataan pemerintah, mengagumi kemampuan China menempatkan posisi di panggung dunia dan di dalam sejarah.

"Kami selalu percaya, seperti dibahas pada kunjungan sebelumnya, bahwa Israel dapat menjadi mitra, yang sempurna bagi China dalam pengembangan teknologi yang mengubah cara hidup, kesehatan, air minum, makanan, susu, di setiap daerah", katanya.

Namun, hubungan China dan Timteng akan memiliki banyak resiko. Beijing kurang berpengalaman mengenai ketegangan agama dan politik di wilayah tersebut.

China juga memiliki hubungan dekat dengan Iran mengenai program nuklir, yang menjadi kekhawatiran Israel dan negara-negara Arab. (Reuters)
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.