"China berteman baik dengan Arab Saudi maupun Iran. Jika ada kebutuhan, China bersedia memainkan peran penting", kata Menteri Luar Negeri China

Kedutaan Besar Cina di Riyadh, Saudi (Arab News)
China menyatakan siap bantu selesaikan masalah Kerajaan Arab Saudi dengan Republik Syi'ah Iran, menurut Menteri Luar Negeri China Wang Yi, pada Rabu (8/3).

"Kami berharap Arab Saudi dan Iran dapat menyelesaikan masalah yang ada diantara mereka melalui konsultasi yang imbang dan ramah", kata Wang.

"China berteman baik dengan Arab Saudi maupun Iran. Jika ada kebutuhan, China bersedia memainkan peran penting", lanjutnya.

Seorang pejabat Kedutaan Besar China mengatakan, hal ini mungkin akan dibahas dalam kunjungan Raja Salman ke Beijing.

"Sekali lagi situasi di Timur Tengah menghadapi pilihan-pilihan penting. Semuanya punya risiko pada ketidakstabilan serta janji perdamaian", ujar Wang.

"Untuk membawa situasi regional ke arah yang benar, tiga hal harus diperhatikan. Pertama, kita perlu menjaga komitmen dalam memerangi terorisme. Kedua, kita perlu memahami tujuan dari penyelesaian politik isu-isu regional. Dan ketiga, kita harus menempatkan PBB sebagai 'pengemudi' proses perdamaian Timur Tengah", jelasnya.

Kesepakatan nuklir Iran dipandang sebagai contoh baik penyelesaian sengketa dengan jalan politik dan diplomatik.

Dalam perjanjian itu, pihak-pihak terkait harus menghormati komitmen, memenuhi kewajiban, dan melaksanakan perjanjian itu.

Mengenai konflik Israel-Palestina, Wang berpendapat: "Perdamaian mungkin tertunda, tapi keadilan tidak dapat dipungkiri. China dengan tegas mendukung solusi dua negara, dan akan terus melakukan apa yang kami bisa dalam membantu perundingan perdamaian". (Arabnews)
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.