Juru bicara militer Jaisyul Izzah, Mahmoud al-Mahmoud, mengklaim setidaknya 100 pasukan pro Assad dihabisi di utara Hama

Ilustrasi jarak dekat milisi Syi'ah dihantam bom
Pertempuran akhir pekan kemarin menimbulkan kerugian besar di pihak rezim Assad dan milisi Syi'ah, dalam upaya mereka merebut kembali desa-desa di utara Hama.

Seorang komandan Garda Revolusi Iran, Saeed Khawaja Salihani, tewas akibat pertempuran.

Salihani berasal dari kota Pakdasht di Iran. Oleh media negara Syi'ah itu, ia disebut tewas saat sedang dalam "tugas jihad".

Sementara itu, kelompok pejuang Sunni Jaisyul Izzah yang melawan Assad di Hama, melaporkan sejumlah milisi Syi'ah tewas atau terluka setelah tempat berkumpulnya dihajar rudal anti tank TOW, selatan kota Ma'arzaf.

Video yang dirilis menunjukkan ratusan pasukan pro Assad, diduga Syi'ah Hezbollah, tengah berkumpul untuk melancarkan serangan balik.

Namun posisi mereka terdeteksi pejuang oposisi yang menggunakan TOW. Rudal pun diluncurkan ke tengah-tengah pasukan Syi'ah.

Mereka dan menyadari hingga TOW meledak memecah kerumunan.

video
Serangan telak membuat pasukan Syi'ah mundur kocar-kacir, dengan ramai-ramai meninggalkan lokasi.

Juru bicara militer Jaisyul Izzah, Mahmoud al-Mahmoud, mengklaim setidaknya 100 pasukan pro Assad dihabisi di utara Hama, seperti al-Shier, al-Majdal, Ma'rzaf, Kafr Amim, al-Seiran Restaurant, barat dari Mhardeh, Shalyout, dan Shaizar.

Klaim lebih besar diungkap komandan operasi Kolonel Mustaf Bakkour. Menurutnya sekitar 200 musuh ditumpas, termasuk militan Syi'ah asal Iran. Ratusan lainnya juga terluka.

Tidak ada verifikasi sumber independen terkait klaim itu.

Front pertempuran di utara Hama memang tengah memanas. Oposisi FSA dan kelompok Islamis Tahrir Syam menggempur daerah itu untuk memecah fokus pasukan Assad dari daerah di sekitar Damaskus.

Oposisi akhir-akhir ini memang meningkatkan aksi ofensif yang didahului dari Damaskus. Hal itu diyakini untuk meningkatkan bargain politik di mata internasional. (Orient-news/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.