Aktivis Bosnia bernama Hazim bertugas di kantor IHH untuk menunggu kedatangan puluhan kontainer dari negaranya, Bosnia-Herzegovina

Hazim dari Bosnia
Salah satu kantung penduduk Muslim di wilayah Eropa adalah Bosnia. Etnis ini masuk Islam di masa kekuasaan Kekhalifahan Turki Utsmaniyah.

Di masa kini, hubungan masyarakat Bosnia dengan Turki masih terjalin dengan sangat baik.

Bosnia sempat terkenal pada dekade 90-an, ketika menjadi korban genosida milisi etnis Serbia.

Kini di masa konflik Suriah, giliran warga Bosnia berbondong-bondong memberikan bantuan pada saudara-saudaranya yang membutuhkan.

Seolah tak mau kalah dengan warga di regional Eropa lain yang lebih makmur.

Hazim dari Bosnia
Dengan tinggi menjulang dan badan besar seperti Badak, Hazim terlihat santai bertugas di kantor IHH, Istanbul, Turki, ketika suhu udara masih cukup dingin jelang musim semi.

Hanya berkaos, suhu udara di Turki yang masih sekitar 4-6 derajat celcius justru membuat Hazim kepanasan.

"Saya malah kepanasan. 3 bulan lalu di Bosnia suhu sempat mencapai -39 derajat C. Jadi kalo suhu di Turki kurang dari nol, baru saya pake jaket", ujarnya ketika bercengkrama dengan Ikrimah, relawan Indonesia yang juga magang di IHH.

Hazim berada di Turki untuk mengurus kedatangan puluhan kontainer bantuan yang beberapa hari ke depan akan datang dari Bosnia. Bantuan itu ditujukan bagi rakyat Suriah

Rombongan aktivis Bosnia ini digratiskan seluruh tiket Pergi-Pulang oleh Turkish Airline setelah diketahui maksud kedatangan mereka untuk menyalurkan bantuan melalui IHH.

Bahkan mereka mendapat izin masuk dengan waktu tidak terbatas. Setahun atau lebih, semua diizinkan oleh Turki.

Jarak Turki-Bosnia tidak jauh. Untuk mengirim kontainer bisa lewat darat ataupun laut. Bahkan jarak Istanbul ke Aleppo utara lebih jauh.

Beberapa waktu lalu, konvoi aktivis dari Jerman tiba di ibukota Sarajevo. Mereka mengampanyekan solidaritas untuk Suriah.

Warga Bosnia-Herzegovina memahami situasi masyarakat di Suriah dengan sangat baik, menurut aktivis.
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.