Secara total, sebanyak 114.474 orang pasukan tewas di pihak rezim Assad. Yang terdiri dari tentara resmi Suriah (SAA), milisi lokal, Syabihah hingga milisi Syi'ah asing

Ilustrasi milisi Syabihah pendukung rezim Assad
Selain merilis jumlah korban warga sipil Suriah, SOHR juga merilis angka tewas militer yang tercatat.

Secara total, sebanyak 114.474 orang pasukan tewas di pihak rezim Assad. Terdiri dari tentara resmi Suriah (SAA), milisi lokal, Syabihah hingga milisi Syi'ah asing.

Jumlah tentara SAA yang tewas menurut SOHR adalah 60.901 personil.

Kemudian milisi lokal loyalis rezim seperti NDF, Syabihah, simpatisan Ba'ats dan lain-lain, jumlah tewas mencapai 45.290 orang.

Sementara milisi Syi'ah Hezbollah asal Lebanon, tercatat kehilangan 1421 anggotanya sepanjang perang melawan pejuang oposisi Sunni dan militan ISIS.

Sebanyak 6862 milisi Syi'ah asing dari berbagai negara yang direkrut Iran atau pendukung Assad lainnya, telah tewas.

Sekitar 52 ribu petempur yang tewas merupakan warga asli Suriah. Berasal dari faksi-faksi Islamis (Ahrar Syam, Jaisyul Islam), oposisi FSA, SDF (mayoritas Kurdi) dan milisi lokal lainnya.

Ditambah 2603 orang tewas berasal dari pasukan pembelot SAA.

Serta gabungan petempur asing sebanyak 55.800 orang dari berbagai kubu. Seperti militan ISIS, Jundu al-Aqsa, kelompok-kelompok Jihadis, Hizbul Islam Turkistan dan sebagainya.

Tidak ada rincian SOHR tentang jumlah tewas dari pasukan negara asing yang melakukan intervensi di Suriah, seperti Turki, Rusia dan AS.

Namun berbagai laporan lain telah menyebutkan adanya personil tewas dari militer negara asing. Seperti Turki dalam operasi 'Euphrate Shield'. Rusia juga kehilangan sejumlah tentaranya.

Berikut infografis korban perang Suriah versi SOHR:


Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.