AS telah memberi sanksi Iran akibat ujicoba rudal dan dukungan ilegal pada pemberontak Syi'ah Houthi

Wakil Presiden AS, Mike Pence
Wakil Presiden AS Mike Pence.memperingatkan Iran agar "tidak coba-coba" dengan pemerintahan Donald Trump. Hal ini berkaitan dengan uji coba rudal balistik yang dilakukan Iran minggu lalu.

Hubungan dua negara memburuk tajam sejak Trump menjabat. Ia berjanji bersikap keras atas ulah agresif Iran terhadap kepentingan AS dan Timteng.

"Iran akan menyadari saat ini ada presiden baru. Dan Iran sebaiknya tidak menguji tekad presiden baru ini", ujar Pence, dilansir dari Arab News.

Menteri Pertahanan, James Mattis, minggu lalu bahkan menyebut Iran sebagai "sponsor tunggal terbesar terorisme dunia".

Membuat munculnya pertanyaan mengenai komitmen AS terhadap kesepakatan nuklir Iran yang disetujui pada tahun 2015 oleh pemerintahan Barack Obama. Iran dituntut membatasi program nuklirnya sehingga sanksi ekonomi dikurangi.

Sementara pemerintahan baru AS menganggap hal itu mengerikan.

"Iran mendapat kesepakatan dari masyarakat internasional. Presiden (Trump) dan saya berpikir hal itu adalah kesepakatan yang mengerikan", kata Pence.

Meski Menteri Mattis dan Menlu, Rex Tillerson, mengatakan AS akan berkomitmen dalam perjanjian, tapi Pence kurang yakin atasnya.

"Kami sedang mengevaluasi hal tersebut", katanya.

"Saya rasa presiden akan membuat keputusan dalam beberapa hari ke depan. Beliau akan mendengarkan semua penasihatnya, beliau berupaya tidak melakukan kesalahan lagi. Presiden bertekad agar Iran tidak berpikir dua kali untuk membuat permusuhan atau perang", kata Pence.

Sanksi baru AS telah diberlakukan pada Iran sejak Jum'at lalu, terkait uji rudal balistik dan dukungan rezim Syi'ah pada pemberontak Houthi di Yaman.

Iran sendiri mengatakan akan membalas sanksi AS itu dengan melarang aktivitas sejumlah entitas Amerika. (Arabnews)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.