16 warga sipil (delapan perempuan dan delapan anak) tewas dalam serangan di provinsi al-Bayda

Ilustrasi (Aljazeera)

Komando Pusat Militer AS (CENTCOM) mengatakan, warga sipil Yaman "mungkin" terbunuh dalam serangan komando AS minggu ini, termasuk anak-anak.

"Tim yang ditunjuk oleh komandan satuan tugas operasional telah menyimpulkan dengan sangat menyesal, adanya kemungkinan warga sipil non-kombatan yang tewas dalam baku tembak di Yaman, 29 Januari. Korban mungkin termasuk anak-anak,", kata CENTCOM dalam sebuah pernyataan Rabu (1/2) malam.

Menurut para pejabat Yaman, 16 warga sipil (delapan perempuan dan delapan anak) tewas dalam serangan di provinsi al-Bayda.

Kematian warga sipil kemungkinan terjadi saat pesawat AS membantu pasukan komando melakukan serangan, yang juga menewaskan 14 anggota al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP).

"Korban sipil mungkin tampaknya terjebak dalam serangan udara yang diminta membantu pasukan (darat) AS melawan musuh yang ditargetkan, termasuk wanita bersenjata siap tempur. Anggota operasi khusus AS menerima serangan dari semua sisi", tambah pernyataan itu.

Para pejabat itu dikabarkan sedang melakukan "penilaian kredibilitas" untuk melihat kemungkinan tambahan korban sipil.

Sejak serangan 29 Januari, AS menerima pertanyaan mengenai korban gadis Amerika berusia 8 tahun yang menjadi korban.

Sumber lokal menyatakan bahwa gadis tersebut merupakan anak dari mendiang ulama senior al-Qaeda, Anwar al-Awlaqi, yang juga warga negara AS.

Nawar al-Awlaki

International Crisis Group menilai, cabang al-Qaeda di Yaman bisa mendapatkan keuntungan akibat serangan mematikan itu.

"Aksi militer pertama oleh pemerintahan Trump ini adalah pertanda buruk bagi prospek dan efektivitas melawan AQAP", kata laporan itu.

ICG memperingatkan, serangan di provinsi Bayda dapat meningkatkan rasa takut dan marah terhadap AS di kalangan warga sipil. Akibatnya, perekrutan AQAP dapat meningkat. (Al-Jazeera)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.