Ketua Umum PP Pemuda Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, memuji soliditas tersebut

Dahnil Anzar Simanjuntak (RiauRealita.Com)

Umat Kristen dan warga dari etnis China di Jakarta diyakini punya kesolidan dalam mendukung pasangan Basuki T. Purnama dan Djarot Saiful Hidayat saat pencoblosan Pilkada, Rabu (15/2).

Hal itu bisa didasarkan pada temuan lembaga survei 'Saiful Mujani Research and Consulting' (SMRC).

Ketua Umum PP Pemuda Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, memuji soliditas tersebut.

"Berangkat dari survei SMRC tersebut, saya ingin menyatakan kekaguman saya terhadap saudara-saudara kita etnis Tionghoa dan saudara-saudara kita yang beragama Kristen yang sangat solid memilih Ahok, dimana Ahok berasal dari etnis Tionghoa dan beragama Kristen", jelas Dahnil, dikutip Rakyat Merdeka Online.

Berdasarkan hasil survei SMRC Oktober 2016, disebutkan hingga 95,7 persen umat Nasrani (Protestan maupun Katolik) memilih Ahok-Djarot.

Hanya 4,3 persen yang menjawab tidak tahu atau rahasia. Itu artinya, sangat kecil yang memilih pasangan Anies-Sandi dan Agus Sylvi.

Dari etnis China, disebutkan hingga 71,4 persen mendukung Ahok-Djarot, Anies-Sandi (7,4 persen), tidak tahu atau rahasia (21,3 persen). Berdasarkan survei ini, tak ada yang memilih Agus-Sylvi.

Menurut Dahnil soliditas ini bisa dimaknai sebagai potensi kebangkitan politik kalangan etnis China yang selama Orde Baru tersisih dari ranah politik.

Menurutnya, kebangkitan politik dari etnis China yang selama ini hanya berkutat pada kegiatan ekonomi, bisa "disyukuri".

"Ini salah satu buah dari reformasi, yang patut kita syukuri, sehingga memperkuat makna Indonesia", ujarnya.

Danhil juga mengajak memperkuat persatuan bangsa, jangan mau diprovokasi pesan-pesan kebencian yang disampaikan oleh berbagai politisi. Apalagi pesan-pesan memecah yang ditujukan pada umat Islam.

Ia menilai apa yang dilakukan kalangan minoritas, etnis China dan umat Nasrani, bisa dijadikan contok menciptakan kesolidan.

"Saudara-saudara kita sebangsa dan se-Tanah Air yang memilih Ahok tersebut telah memberikan teladan baik tentang makna persatuan dan kesatuan", ujar Danhil. (RMOL)
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.