Dana sebesar USD 10 miliar (sekitar Rp 130 triliun) untuk rekonstruksi wilayah-wilayah Yaman yang telah dibebaskan dari Houthi

Pasukan pro-pemerintah melancarkanserangan di kota pesisir Mokha untuk usir Houthi dari wilayah tersebut (9/2/2017. Arab News)

Arab Saudi mengalokasikan dana sebesar USD 10 miliar (sekitar Rp 130 triliun) untuk membantu rekonstruksi wilayah-wilayah di Yaman yang telah dibebaskan dari tangan Houthi.

"(Dana ini) untuk rekonstruksi wilayah yang telah dibebaskan (dari Houthi), termasuk USD 2 miliar ke kas bank agar menopang mata uang riyal Yaman", ujar Presiden Yaman Abed Rabbo Mansour Hadi, Rabu (22/2), menurut media berita Saba.

Presiden juga meminta rekonstruksi fokus pada masalah listrik, air, jalan, kesehatan dan pendidikan di daerah yang telah diamankan.

Pasukan pro-pemerintah, dengan dukungan koalisi Saudi, berhasil merebut lima provinsi di selatan dari tangan pemberontak Syi'ah dukungan Iran.

Namun, Houthi dan loyalis Saleh masih menguasai ibukota Sana'a serta sejumlah daerah di utara Yaman, basis warga Zaidiyah.

Pada Selasa (21/2), Koordinator kemanusiaan PBB di Yaman memperingatkan pertempuran di sepanjang pantai barat Yaman "membawa efek besar bagi warga sipil".

Menurutnya, lebih dari 17 juta orang yang "tidak mendapat cukup makanan dan sering terpaksa tidak makan". Serta perempuan yang makan lebih sedikit. (Arabnews)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.