Vitaly Churckin adalah perwakilan Rusia di PBB, yang selama ini sangat kuat membela rezim Assad di Dewan Keamanan dengan memveto Resolusi

Duta PBB Rusia Vitaly Churckin (Reuters)
Duta Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin, meninggal secara mendadak di New York pada Senin (20/2) setelah jatuh sakit di tempat kerja, menurut Kementerian Luar Negeri Rusia.

Kementerian tidak memberikan rincian tentang kematian.

Mereka juga menolak berkomentar mengenai laporan Churkin dibawa ke rumah sakit sebelum meninggal.

Seorang pejabat pemerintah AS mengatakan, Churkin meninggal akbat serangan jantung.

Sedangkan menurut pejabat penegak hukum federal, ada sesuatu yang luar biasa tentang kematian Churkin.

The New York Post yang mengutip berbagai sumber yang mengungkapkan bahwa Churkin dilarikan ke rumah sakit Manhattan dari kedutaan Rusia setelah jatuh akibat sakit karena jantung.

Presiden Vladimir Putin mengaku sangat terpukul dengan berita tersebut. Ia memberikan penghargaan terhadap profesionalisme dan bakat diplomatik Churkin.

Wakil Churkin, Pyotr Ilyichev, mengatakan: "Kehilangan yang diderita oleh Rusia sangat memilukan dan tak tergantikan"

"Duta Besar Churkin tetap berada di tempat kerjanya hingga menit terakhir. Dia mengabdikan seluruh hidupnya untuk membela kepentingan Rusia dan selalu berada di garis paling depan dalam medan yang paling menegangkan", lanjutnya.

Churkin merupakan pembela keras kebijakan Rusia di PBB, khususnya mengenai pemboman Aleppo, Suriah, tahun lalu untuk menghancurkan para menentang rezim Assad.

Ketika Duta AS di PBB, Samantha Power, menuduh Assad, Rusia dan Iran bertanggung jawab atas kekejaman perang, Churkin membela kubunya dengan menyalahkan napak tilas AS di Timur Tengah. (Reuters)
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.