Kapolda Metro Jaya meminta agar tak ada ceramah berbau politik pada 112

Kapolda Metro Jaya, Irjen M. Iriawan (Detikcom)
Forum Umat Islam (FUI) membatalkan aksi longmarch dan memilih berdoa di Masjid Istiqlal. Namun polisi mengingatkan agar ibadah di Masjid Istiqlal tidak berkaitan dengan kegiatan politik.

"Sudah disampaikan sama imam besar enggak boleh ada kaitannya dengan politis, agama tidak boleh dicampur aduk dengan politik. Imam besar masjid sudah menyampaikan", ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan, Jum'at (10/2).

Iriawan meminta massa tidak boleh memaksakan kehendak agar memilih pasangan calon tertentu dalam kegiatan keagamaan ini.

"Itu (menyuruh untuk memilih pasangan tertentu) tidak boleh, makanya nanti tidak boleh dilakukan (ceramah berbau politis)", kata Iriawan, dikutip Detikcom.

Lebih lanjut, Iriawan menambahkan, imam besar Masjid Istiqlal akan menindaklanjutinya bila kegiatan keagamaan diselipi ceramah berbau politis.

"Nanti imam besar akan menindaklanjuti di sana, dan sebelum ceramah kami yakin imam besar (masjid Istiqlal) sudah bicara", tambahnya.

Ia juga mengatakan, kegiatan ibadah adalah hak umat beragama. Sehingga tidak perlu ada pemberitahuan ke polisi.

Berbeda jika terjadi aksi turun ke jalan, massa harus mendapatkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) sebelum aksi.

"(Kegiatan di) masjid enggak usah, masjid enggak usah ada pemberitahuan, hak untuk ibadah di sana", jelasnya. (Detikcom)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.