Mereka adalah biksu Arsara, Pyin Nyar Nanda dan Khone Na La. Termasuk tokoh terpandang dalam komunitas Buddha di Maungdaw, Rakhine

Biksu Arsara (kanan) bersama barang haram miliknya (Al-Jazeera)
Identitas 3 biksu yang menghebohkan Myanmar karena menyimpan jutaan pil ekstasi terungkap.

Mereka adalah biksu Arsara, Pyin Nyar Nanda dan Khone Na La.

Ketiganya dibekuk oleh polisi setelah tertangkap basah menyimpan ratusan ribu pil di mobil dan kemudian ditemukan jutaan butir di biara.

Arsara yang juga dikenal sebagai Min Naing, terkena razia polisi pada Minggu (5/2). Ketika itu, ia berkendara di negara bagian Rakhine utara. Polisi menemukan 400 ribu butir pil di mobilnya.

Ia dihormati sebagai tokoh terpandang dalam komunitas Buddha di Maungdaw, Rakhine.

Sedangkan Pyin Nyar Nanda alias Aye Lwin dan Khone Na La alias Thein Shwe ditangkap polisi di kota Maung Daw atas pengembangan informasi jaringan narkoba itu.

Penggeledahan yang dilakukan ke biara dan ditemukan 4,2 juta butir pil bersama granat dan amunisi.

Sebuah pernyataan dari kantor pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, mengatakan bahwa uang tunai senilai $ 769 juga ditemukan di dalam mobil biksu Arsara.

"Ini bukan kasus biasa, dan ketika kami diberitahu biarawan ditangkap, kami semua terkejut", kata Kyaw Mya Win, seorang perwira polisi kota.

Soe Min Tun, direktur jenderal Departemen Agama Myanmar, juka menyatakan terkejut.

"Ini bukan kasus biasa pada umumnya, tetapi bukan tidak mungkin (bisa) terjadi", katanya.

Ketiga biksu narkoba itu juga diminta melepas status kerohaniawan Buddha mereka, sehingga menjalani kehidupan sebagai orang biasa.

Myanmar memang jadi produsen utama jenis narkoba metamfetamin, biasanya diselundupkan ke negara-negara tetangga. (Al-Jazeera)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.