Taliban, melalui sebuah surat terbuka, meminta Donald Trump membantu mengakhiri perang sia-sia dan tak bisa dimenangkan AS di Afghanistan

Pejuang Taliban di distrik Shindand, provinsi Herat, Afghanistan, 27 Mei 2016 (Foto: dok).

Taliban, melalui sebuah surat terbuka, meminta Donald Trump membantu mengakhiri perang sia-sia dan tak bisa dimenangkan AS di Afghanistan.

Salinan surat atas nama juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid dirilis ke jurnalis, Rabu (25/1). Belum ada tanggapan dari pemerintahan Trump.

Surat tersebut menyalahkan AS yang memulai perang Afghanistan 15 tahun lalu, serta menyebut kehadiran pasukan asing sebagai sumber utama kerugian materi dan jiwa yang diderita kedua pihak.

"Berdasarkan hal ini, kami mengirimkan pesan pada anda agar mengontrol perang penjajahan yang dilancarkan militer anda”, tulis Mujahid.

Ia juga menegaskan, Taliban tak akan mengakhiri perang hingga pasukan AS ditarik dari Afghanistan.

Taliban pun menuduh pemerintah persatuan nasional yang dipimpin Presiden Ashraf Ghani dan didukung AS sebagai rezim korup yang telah kehilangan kepercayaan publik.

Trump hampir tidak pernah menyinggung rencananya terkait Afghanistan dalam kampanye pemilunya.

Namun beberapa jam setelah pelantikan sebagai presiden Jum'at pekan lalu, ia bersumpah akan meneruskan opsi militer di sana sampai meraih kemenangan.

Koalisi militer internasional pimpinan AS menggulingkan Taliban pada tahun 2001 dengan dalih menjadi sponsor teroris dan melindungi Osama bin Laden, yang diburu karena merencanakan serangan 11 September.

Namun hingga kini Taliban masih mengontrol sebagian wilayah Afghanistan dan kerap melancarkan serangan ke kota-kota pemerintah. Membuat upaya investasi dan perkembangan ekonomi negeri itu menjadi tak pasti.

Tahun lalu, AS pernah membujuk Taliban agar setuju dengan perundingan damai. Namun hal itu ditolak pemimpin kelompok, Mullah Akhtar Mansour, yang kemudian dibunuh drone AS. (VoA)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.