Raja Salman dan rombongan parlemen Saudi akan bertemu dengan Jokowi dan sejumlah pihak lain. Namun, agenda selengkapnya masih belum dibuka secara umum

Jokowi dan Raja Salman

Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia menyatakan kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud adalah terkait penguatan hubungan bilateral kedua negara.

“Kunjungan tersebut dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara serta dalam rangka membahas berbagai bidang kerja sama demi kepentingan kedua bangsa yang bersahabat,” bunyi pernyataan pers Jum'at (27/1), dikutip CNN Indonesia.

Kedutaan juga membantah informasi yang belakangan menjadi viral di dunia maya, terkait pertemuah Raja Salman dengan Habib Rizieq Shihab.


“Dan berkaitan dengan apa yang tersebar di situs jejaring sosial selain pernyataan di atas adalah informasi yang tidak benar”, jelas Kedutaan.

Menurut pernyataan itu, kunjungan Raja Salman dilakukan untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo yang telah berkunjung ke Arab Saudi pada 2015 lalu.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, Raja Salman dan rombongan parlemen Saudi akan bertemu dengan Jokowi dan sejumlah pihak lain.

Namun, agenda selengkapnya masih belum dibuka secara umum.

“Rencananya tanggal 1-9 Maret ada beberapa agenda pertemuan, tentu dengan Bapak Presiden dan bertemu dengan beberapa pihak nanti yang sampai sekarang sedang dimatangkan agenda beliau ada di Tanah Air ini”, kata Lukman, Kamis (26/1).

Ia juga membenarkan kunjungan dilakukan dalam rangka memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia.

Sementara pihak yang akan datang tidak hanya dari jajaran pemerintahan.

“Sejumlah tokoh penting, tidak hanya dalam pemerintahan, tapi juga dalam hal mengembangkan usaha kerja sama antarnegara”, ujar Lukman.

Rencana kedatangan Raja Salman pernah disampaikan Jokowi saat mengumumkan penambahan kuota haji.

Pemerintah RI mengapresiasi pengembalian kuota haji dan penambahan yang diputuskan oleh pemerintah Saudi melalui Menteri Haji dan Umroh.

Inilah bunyi surat pernyaan Kedutaan Arab Saudi di Jakarta:

"Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia di Indonesia bersama ini dengan hormat menyampaikan bahwa kunjungan Yang Mulia Dua Pelayan Kota Suci-Khodim Al-Haromain Al-Syarifain-Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud (semoga Allah melindunginya) ke Indonesia dilakukan untuk memenuhi undangan Yang Mulia Presiden RI Joko Widodo, usai kunjungannya ke Saudi Arabia pada tahun 2015"

(CNN Indonesia)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.