Penjara ini diketahui juga menahan para terdakwa yang melancarkan aksi protes terhadap pemerintah

Polisi anti huru hara Bahrain saat aksi protes pada 2012 silam (AlJazeera)
Sekelompok pria bersenjata menyerang penjara Jau, Manama, Bahrain, membebaskan beberapa tahanan dan membunuh seorang petugas polisi.

Penjara ini diketahui juga menahan para terdakwa yang melancarkan aksi protes terhadap pemerintah.

"Serangan bersenjata pada penjara dan pusat rehabilitasi Jau menyebabkan seorang polisi bernama Abdul Salam Saif meninggal, dan membebaskan sejumlah tawanan yang dituduh atas aksi 'terorisme'..", ujar Kementrian Dalam Negeri.

Kementrian, melalui akun twitternya, pada Minggu (1/1) mengatakan, sejumlah pasukan telah dikerahkan untuk mengadakan pencarian terhadap pelaku penyerangan dan tawanan yang melarikan diri.

Pengadilan Bahrain mengadili 57 orang pada Januari tahun lalu dengan hukuman 15 tahun penjara, karena mengambil bagian dalam kerusuhan di dalam penjara Jau saat kunjungan keluarga pada 2015.

Menurut kelompok Bahrain Youth Society for Human Rights, petugas keamanan Bahrain melemparkan gas air mata dan memukuli tawanan saat mencoba meredam bentrokan tersebut.

Juni lalu, 17 tawanan juga berhasil melarikan diri dari penjara al-Hadd. Polisi berhasil menangkap 11 orang pada keesokan harinya.

Bahrain dilanda oleh kerusuhan sejak otoritas Sunni menghancurkan aksi protes yang dilancarkan oleh penganut Syi'ah yang menuntut pelemahan kekuasaan Raja.

Ratusan orang Syi'ah telah ditahan, dan beberapa diantaranya telah menjalani persidangan atas keterlibatan dalam aksi protes.

Demo Syi'ah kerap berakhir bentrokan dengan petugas keamanan di wilayah sekitar Manama.

Pemerintah Sunni menyalahkan gerakan oposisi al-Wefaq atas terjadinya pergolakan, dan menuduh partai Syi'ah itu melayani "agenda Iran".

Al-Wefaq membantah tuduhan itu, mereka mengklaim hanya ingin adanya pembentukan "pemerintahan konstitusional" di kerajaan Teluk. (Al-Jazeera)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.