Houthi juga terkait pada 3.027 dugaan kasus yang merugikan negara

Milisi Houthi merekrut anak-anak untuk gabung menjadi tentara (arab news)

Kedutaan Arab Saudi memberkan pernyataan pada Selasa (3/1) mengenai beberapa pelanggaran HAM yang dilakukan oleh milisi Syi'ah Houthi di Yaman.

Menurut laporan itu, Houthi menggunakan senjata berat di Taiz, area dengan populasi padat. Hal tersebut menyebabkan 1.529 warga sipil terbunuh, termasuk 102 wanita dan 221 anak-anak.

Laporan ini sejalan dengan pernyataan Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir.

September lalu, Jubeir pernah mengatakan: "Banyak kritik yang datang mengenai operasi militer kami di Yaman. Namun, bayak orang tidak tahu bahwa kami melakukannya dengan hati-hati. Kami memiliki senjata profesional".

"Tapi kritik yang sama tidak pernah diberikan pada milisi Houthi dan pemberontak Saleh (mantan diktator Yaman), yang merekrut anak-anak berumur 9-12 tahun jadi tentara. Mereka membom kota dan desa tanpa pandang bulu", tambahnya.

Laporan kedutaan itu juga mengungkapkan 949 kasus kerusakan fasilitas umum dan 2.673 kasus kerusakan properti pribadi akibat serangan Houthi.

Selain mengakibatkan kehancuran, pasukan pemberontak Syi'ah dituduh menjarah beberapa fasiltas. Mereka pun menduduki bangunan sipil untuk digunakan sebagai basis militer.

Houthi juga terkait pada 3.027 dugaan kasus yang merugikan negara, seperti kejanggalan administrasi, intervensi dalam tugas publik, hingga penerbitan hal di luar kerangka hukum.

Selain itu di wilayah yang diduduki, terjadi pemecatan beberapa PNS dari pekerjaan karena dianggap tidak sesuai dengan milisi, serta menciptakan penjara swasta dan pos pemeriksaan.

Militer koalisi pimpinan Saudi mengklaim telah mengontrol 80% wilayah di Yaman, melalui operasi "Restoring Hope" dan "Decisive Storm".

Operasi ini juga berhasil menghancurkan 95% misil balistik yang dicuri Houthi dan loyalis Abdullah Saleh, serta 98% kendaraan lapis baja. (Arabnews)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.