Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, akan tiba di Banjul pada Rabu (11/1), bersama Ellen Johnson Sirleaf dari Liberia dan mantan Presiden Ghana, John Dramani Mahama

Presiden Gambia Yahya Jammeh
Para pemimpin negara-negara Afrika Barat akan mengunjungi ibukota Gambia untuk berbicara kepada Presiden Yahya Jammeh agar segera turun dari jabatannya, menurut Menteri Luar Negeri Nigeria Geoffrey Onyeama pada Senin (9/1).

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, akan tiba di Banjul pada Rabu (11/1), bersama Ellen Johnson Sirleaf dari Liberia dan mantan Presiden Ghana, John Dramani Mahama.

Menurut Onyeama, pertemuan dengan Jammeh akan membahas pentingnya menghormati konstitusi.

"Pembicaraan ini untuk mencari solusi yang akan sesuai konstitusi dan sesuai keinginan rakyat Gambia", ujarnya.

Keputusan ini diambil setelah para pemimpin mengadakan diskusi di Nigeria agar membantu krisis politik Gambia.

Mereka khawatir dengan krisis keamanan di Gambia, termasuk sejumlah stasiun radio oposisi dilarang untuk bersiaran.

Jammeh juga telah memecat 12 duta besar yang menyerunya turun dengan memberi kesempatan presiden terpilih Adama Barrow naik jabatan.

Mereka yang dipecat diantaranya dubes Gambia di China, Inggris, Turki, Senegal, dan Amerika Serikat, serta wakil tetap di PBB,

"Saya tidak tahu mengapa Presiden Yahya Jammeh memberhentikan mereka, tapi setahu saya mereka adalah dubes yang mengucapkan selamat dan mendukung Adama Barrow atas kemenangan pemilu", ujar sebuah sumber. (Al-Jazeera)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.