Mereka telah dilatih untuk mengembangkan ide-ide bisnis agar dapat berpartisipasi dalam perekonomian Turki

Ilustrasi pengungsi Suriah di Turki

Program dukungan PBB untuk melatih warga Suriah di Turki telah menghasilkan seribu lulusan, menurut LSM Turki pada Rabu (11/1).

Skema tiga bulan awal ini merupakan program percontohan yang dijalankan oleh LSM Habitat dan Badan PBB untuk Pengungsi (UNHCR).

Program yang disebut IMECE diikuti peserta dari 14 provinsi. Mereka telah dilatih untuk mengembangkan ide-ide bisnis agar dapat berpartisipasi dalam perekonomian Turki.

"Kami akan memberikan dukungan lebih lanjut pada pengungsi Suriah yang menyelesaikan program ini", kata Basak Saral, koordinator umum Habitat dan direktur IMECE.

Saral mengatakan, program ini akan berlanjut di tahun 2017 dengan ekspansi serta beberapa perbaikan, seperti program mentoring.

"Sebuah kontes terbuka bagi lulusan dan ahli 20 bidang. Akan ada konseling khusus bagi para pemenang", katanya.

"Kami juga akan menganalisis kebutuhan peserta dari Suriah maupun Turki untuk memutuskan jenis dukungan keuangan yang bisa diberikan kepada mereka", tambah Saral.

Turki menjadi tuan rumah sekitar tiga juta pengungsi Suriah. Negara ini telah menghabiskan sekitar $ 25 miliar dalam membantu dan melindungi pengungsi sejak awal perang. (Anadolu Agency)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.