Pangdam Siliwangi Mayjen M Herindra dalam sertijab Danrem Banten dari Kolonel Inf Wirana Prasetya Budi ke Kolonel Czi Ito Hediarto (Bahtiar Rifai/detikcom)


Dandim Lebak Letkol Czi Ubaidillah dicopot karena melatih anggota ormas. Pelatihan itu dinilai Pangdam III Siliwangi Mayjen M Herindra tak sesuai dengan prosedur, sehingga tak boleh terjadi lagi.

"Dia (Dandim Lebak) tidak izin saya. Saya katakan ini pelanggaran serius. Maka saya ambil keputusan, saya copot jabatannya dan besok ada pejabat baru," kata Herindra kepada wartawan seusai serah-terima jabatan Komandan Korem 064/Maulana Yusuf dari Kolonel Inf Wirana Prasetya Budi ke Kolonel Czi Ito Hediarto di Alun-alun Barat, Kota Serang, Senin (9/1/2017).

"Saya sampaikan kepada setiap komandan, kalau mau melakukan kegiatan, harus izin jelas, kita ada hierarki. Kalau izin, tanggung jawab di saya. Pertimbangan ada di saya, iya atau tidak," tambahnya.

Herindra menjelaskan pihaknya sudah melakukan cross-check ke berbagai pihak. Kodim Lebak, khususnya Koramil Cipanas, memang menggelar pelatihan bela negara untuk ormas beberapa waktu lalu. Berdasarkan klarifikasi, kegiatan itu tidak sesuai dengan standard operating procedure (SOP).

"Seharusnya untuk kepelatihan bela negara harus melalui izin, mulai dari Dandim ke Danrem, Danrem nanti izin ke saya. Dan saya akan menentukan ya atau tidaknya," tegas jenderal TNI kelahiran Blitar, Jawa Timur, ini.

Posisi Letkol Czi Ubaidillah akan diisi perwira TNI lain, Selasa (10/1) besok. "Letkol Syafa," kata Herindra soal sosok yang mengisi jabatan Dandim Lebak.

Latihan bela negara digelar Kodim Lebak untuk anggota Front Pembela Islam (FPI) Banten.

Foto-foto latihan ketahanan dan ketangkasan sempat diunggah akun Instragram Dewan Pimpinan Pusat Front Pembela Islam (DPP FPI) melalui akun dpp_fpi, sebagaimana dilihat detikcom, Minggu (8/1) pukul 10.15 WIB. (DetikCom)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.