Iran dicurigai telah menyelundupkan senjata pada kelompok militan Syi'ah meski masih diembargo internasional

pemimpin Hizbullah Libanon Sayyed Hassan Nasrallah bertemu dengan Mentri Luar Negri Iran Mohammad Javad Zarif. Gambar dikeluarkan oleh media Hizbullah pada 8 november 2016 (Reuters)

Lembaga Internasional PBB curiga Iran telah melanggar embargo karena diduga memasok roket dan dan senjata lain pada kelompok milisi Syi'ah Lebanon, Hezbollah.

Kecurigaan ini disampaikan pada DK PBB oleh Sekjen PBB Ban ki Moon pada 30 Desember lalu, sebelum digantikan oleh Antonio Gutteras.

"Dalam sebuah pidato yang disiarkan oleh Al-Manar pada 24 Jni 2016, Sekjen Hezbollah mengatakan bahwa semua dana organisasi tersebut, termasuk gaji, pengeluaran, senjata, dan misil, datang dari Iran", tulis Ban dalam laporan, dikutip dari Reuters.

"Saya sangat prihatin dengan pernyataan ini, yang menunjukkan bahwa perpindahan senjata dan bahan-bahan terkait dari Iran pada Hezbollah mungkin telah dilakukan secara bertentangan (dengan resolusi Dewan Keamanan)", lanjut Ban.

Beberapa sanksi PBB untuk Iran telah dicabut tahun lalu, terutama mengenai kebijakan nuklir. Namun, Iran masih dikenakan embargo penjualan senjata dan larangan lainnya yang tidak termasuk dalam perjanjian nuklir.

Dalam rapat dua tahunan DK PBB, dibahas juga laporan kecurigaan dari Perancis mengenai penyitaan senjata ilegal,  Maret lalu di Samudra Hindia. Perancis curiga senjata itu berasal dari Iran menuju Yaman atau Somalia.

Resolusi DK PBB mengharuskan adanya laporan berkala selama 6 bulan sekali mengenai pelanggaran sanksi.

"Sejak 16 Januari 2016, saya belum mendapat laporan apapun tentang pasokan, penjualan, pengiriman, atau ekspor dari Iran, terkait dengan nuklir, yang dilakukan diluar kesepakatan.

Dalam laporan pertama Juli lalu, Ban menyebut peluncuran rudal balistik yang dilakukan oleh Iran bulan Maret, "tidak konsisten pada semangat kesepakatan nuklir". (Reuters)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.