Tes dilakukan sehari setelah Pakistan menuduh adanya gangguan dan serangan terorisme dari India

Ilustrasi (Aa)
Pakistan berhasil melakukan uji coba terhadap rudal jelajah kapal selam pertama bernama Babur-3 dengan jarak 450 km, menurut juru bicara militer pada Senin (9/1).
Tes dilakukan pada Sabtu (7/1) di sebuah lokasi rahasia di Samudera Hindia. Ini adalah uji coba pertama pada tahun 2017.

"Rudal itu ditembakkan dari sebuah platform bawah air dan mencapai target dengan akurasi yang tepat", kata juru bicara terkait, dilansir dari Anadolu Agency.

Babur-3 adalah varian dari Ground-Launched Cruise Missile (GLCM) dengan basis laut. Babur-2 berhasil diuji bulan Desember lalu.

Tes dilakukan sehari setelah Pakistan menuduh adanya gangguan dan serangan terorisme dari India.

Laporan ini telah diserahkan pada PBB Jum'at (6/1) lalu. Hubungan memang semakin memburuk antara dua negara bersenjata nuklir.

Tes disaksikan oleh Jenderal Zubair Mahmood Hayat, Ketua Gabungan Kepala Komite Staf (CJCSC), dan para pejabat militer senior lainnya.

"Pakistan melihat pengembangan ini sebagai langkah memperkuat kebijakan pencegahan minimum", tambah pernyataan itu.

Presiden Mamnoon Hussein dan Perdana Menteri Nawaz Sharif juga memuji kesuksesan uji coba.

Ketegangan antara kedua rival nuklir telah meningkat sejak India menuduh Pakistan memiliki hubungan dengan milisi bersenjata yang menewaskan 19 tentara di Jammu dan Kashmir, September 2016.

Pakistan membantah tuduhan itu, dan balik menuding India telah bertindak keras terhadap aspirasi warga Kashmir yang menuntut kemerdekaabn.

Lebih dari 100 warga sipil Kashmir tewas, diduga oleh tindakan pasukan India.

Kashmir merupakan wilayah di Himalaya dengan mayoritas penduduk Muslim. Wilayah ini terbagi menjadi 3 yang masing-masing diklaim oleh India, Pakistan dan China. (Anadolu Agency)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.