Pernyataan ini sangat langka, mengingat Myanmar kerap berupaya menutup-nutupi kekerasan yang terjadi di Rakhine

Cuplikan dari video yang beredar viral mengena tentara Myanmar sedang melakukan kekerasan terhadap warga minoritas Muslim Rohingya (Al-Jazeera)

Pemerintah Myanmar telah menangkap beberapa polisi yang muncul dalam video mengenai kekerasan terhadap warga Muslim Rohingya di Myanmar.

Video tersebut terlihat sengaja direkam oleh salah satu aparat kemanan, dan menunjukan mereka sedang memukul dan menendang warga desa (Muslim Rohingya).

Melalui harian Global New Light, koran milik pemerintah Myanmar, pemerintah berjanji akan melakukan tindakan terhadap para pelaku.

Pernyataan resmi seperti ini sangat langka, mengingat pemerintah kerap berupaya menutup-nutupi kekerasan yang terjadi di daerah Rakhine Barat.

Kantor Aung San Suu Kyi juga memberikan keterangan terkait 4 orang yang diidentifikasi dalam video, termasuk perekam yang bernama Zaw Myo Htike.

"Mereka yang telah diidentifikasi akan ditahan", ujar pernyataan tersebut, dilansir Al-Jazeera.

"Penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan untuk mengetahui petugas lainnya yang terlibat dalam kekerasan pada warga", lanjut pernyataan.

Aparat keamanan melakukan kekerasan saat operasi penyisiran pelaku penyerangan bulan Oktober di perbatasan yang menewaskan 9 petugas.

Kelompok HAM menuduh pasukan Myanmar melakukan pelanggaran terhadap minoritas Muslim Rohingya di Rakhine, termasuk pemerkosaan, pembunuhan dan pembakaran lebih dari 1.000 rumah.

Puluhan video yang beredar menunjukkan pelanggaran itu, tapi kasus ini adalah kali pertama pemerintah mengatakan "akan mengambil tindakan".

Meski demikian, belum disebutkan hukuman yang akan ditimpakan.

Kepada kantor berita AFP, aktivis Rohingya mengatakan bahwa rekaman telah diverifikasi kebenarannya oleh para pengungsi di kamp terdekat, Shilkhali. (Al-Jazeera)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.