Trump disumpah sambil mengangkat tangan kanannya di hadapan pendeta

Ilustrasi lucu-lucuan Trump dan kartun Simpson
Donald Trump dan Mike Pence resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden di Gedung Capitol, Washington Amerika Serikat, Jum'at (20/1) waktu setempat.

"Saya Donald John Trump dengan tulus bersumpah, akan dengan tulus menjalankan jabatan sebagai Presiden Amerika Serikat", kata Trump sambil mengangkat tangan kanannya di hadapan pendeta.

Ia kemudian menyalami pendahulunya, Barack Obama dan Joe Biden. Trump pun melambai ke arah massa di hadapannya, didampingi sang istri, Melania.

Wapres Pence lebih dulu disumpah dengan mengucapkan kalimat yang sama. Ia kemudian memeluk istrinya, Karen, dan anggota keluarganya yang tersenyum bangga.

Di lokasi, 900 ribu orang, termasuk pemrotes, berkumpul seiring prosesi yang berlangsung. Sementara lalu-lintas di sekitar Gedung Putih diblokir menggunakan bus dan truk sampah.

Sebagian besar area di sekitar lokasi tampak tertib. Namun, sekitar 100 orang demonstran sempat berteriak di salah satu titik pemeriksaan dan bergandengan tangan untuk memblokir akses ke acara pelantikan.

Trump dikenal sebagai sosok kontroversial semasa kampanye. Trump mengeluarkan berbagai komentar dan retorikanya yang terkesan serampangan dalam sejumlah isu sensitif.

Ia berpandangan negatif terkait imigran, khususnya warga Meksiko di AS, yang dianggapnya sebagai kriminal narkoba dan pemerkosa.

Serta berjanji memperketat kebijakan keimigrasian untuk membatasi pendatang masuk ke Amerika, termasuk pembangunan tembok pemisah untuk mencegah imigran ilegal.

Trump bahkan menganggap dunia Islam bermasalah dengan AS. (CNN Indonesia/Reuters)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.