Toilet ternyata bukan hanya tempat melegakan metabolisme manusia, tetapi juga bisa mematikan


Keadaan pasca ledakan
Sebuah fenomena langka terjadi di Yulin, China, toilet umum yang tak dirawat dan dijaga dengan baik oleh pengelola, bisa membuat nyawa melayang.

Akibat penumpukan gas, sebuah toilet umum meledak dan menewaskan satu orang, sementara 7 orang lainnya harus dirawat di rumah sakit akibat mengalami luka-luka.

Dikutip Detik Health dari berbagai sumber, ledakan toilet China terjadi beberapa saat setelah pergantian tahun, pekan lalu.

Kotoran yang menumpuk di septic tank menyebabkan percampuran gas metana, amonia dan hidrogen sulfida, menghasilkan ledakan yang cukup besar.

Dalam foto yang diambil dari jejaring sosial Weibo, terlihat area bekas toilet hancur berantakan mirip lokasi ledakan bom atau bencana alam. Selain itu satu mobil dan jalanan sekitar jadi rusak.

Dugaan sementara, toilet umum ini meledak akibat septic tank yang tak pernah dikuras.

Padahal menurut pakar, septic tank idealnya dikuras setiap dua tahun sekali. Tidak mengurasnya menimbulkan risiko penumpukan kotoran dan gas yang bisa saja menimbulkan ledakan.

Selain itu, septic tank yang penuh sangat rawan bocor. Kebocoran tak hanya mencemari sumur air dan tanah. Namun juga akan mengalir ke got atau saluran air, yang tentunya akan bermuara ke sungai. (Detik Health/Mirror)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.