Nilai sekitar USD 3,4 miliar dibutuhkan untuk menutupi kebutuhan bagi 13,5 juta warga Suriah

Ilustrasi pekerja bantuan PBB (Orient News)

Dibutuhkan dana sebesar 8 miliar Dollar AS (Rp 100 triliun) untuk membantu kehidupan jutaan pengungsi Suriah dan negara-negara tetangga yang menampung mereka, menurut PBB dan 240 lembaga sosial lainnya.

Kepala bantuan darurat PBB Darurat, Stephen O'Brien, mengatakan, nilai sekitar USD 3,4 miliar dibutuhkan untuk menutupi kebutuhan bagi 13,5 juta warga Suriah.

Sedangkan 4,6 miliarnya dibutuhkan untuk menunjang program bantuan bagi 4,7 juta pengungsi Suriah di negara-negara tetangga (Regional Refugees and Resilience Plan (3RP)).

Jumlah ini mencakup 4,4 juta orang komunitas lokal yang akan menjamu pengungsi di Turki, Lebanon, Yordania, Irak dan Mesir.

Konferensi bantuan diselenggarakan selama berlangsungnya pembicaraan damai Astana. PBB juga berupaya mengadakan pembicaraan lagi di Jenewa pada Februari mendatang.

Komisaris UNHCR, Filippo Grandi, menyebut "ketidakpastian" proses politik membuatnya sulit mengukur dampak yang akan berpengaruh bagi rakyat.

"Meski warga Suriah tidak lagi datang ke Eropa dalam jumlah yang signifikan, saya berharap semua orang tetap menyadari krisis Suriah belum selesai dan masih mempengaruhi jutaan orang lainnya", katanya.

Menurut Grandi, ada tuntutan untuk terus memberi harapan kepada pengungsi bahwa sebuah solusi masalah mereka bisa diraih.

Hal itu juga perlu diterapkan kepada pemerintah yang menampung pengungsi. (Orient-news)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.