Terpidana teroris Abbas al-Samea, Sami Mushaima dan Ali al-Singace langsung dieksekusi hanya seminggu setelah hukuman mati mereka ditegaskan oleh pengadilan tinggi

3 Syi'ah dihukum mati setelah didakwa terorisme dengan membunuh polisi
Bahrain telah mengeksekusi mati tiga orang Syi'ah yang divonis membunuh tiga polisi dalam serangan bom Maret 2014, seperti diungkap pihak berwenang.

Mereka ditewaskan oleh regu tembak pada hari Minggu (15/1), kantor berita BNA melaporkan.

Meski dikritik kelompok HAM, pemerintah Bahrain menegaskan keputusan itu diambil "sesuai dengan hukum internasional".

Para pejabat Bahrain mengatakan, 3 orang Syi'ah ini adalah bagian dari kelompok teroris Saraya al-Asytar.

Eksekusi ini menjadi pertama kali sejak upaya pemberontakan Syi'ah di tahun 2011, yang menuntut pelemahan kekuasaan Raja dan perluasan hak mereka.

Terpidana teroris Abbas al-Samea, Sami Mushaima dan Ali al-Singace langsung dieksekusi hanya seminggu setelah hukuman mati mereka ditegaskan oleh pengadilan tinggi.

Protes meletus di beberapa desa Syi'ah akibat berita tentang eksekusi. Demonstran memblokir jalan-jalan dengan membakar ban, sedangkan polisi membalas dengan gas air mata.

Hari Sabtu, seorang polisi terluka ketika patrolinya diserang di desa Syi'ah, Bani Jamra, sebelah barat ibukota Manama, ungkap kementerian dalam negeri.

Bahrain yang dipimpin Raja Sunni belakangan memang memberi tindakan keras terhadap oposisi Syi'ah.

Seperti membubarkan parpol al-Wefaq dan mencabut kewarganegaraan seorang Ayatollah Syi'ah karena dianggap memprovokasi massanya. (BBC/Reuters)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.