Berkaitan dengan peluncuran rudal balistik jarak menengah oleh Iran pada 29 Januari, Amerika Serikat meminta Dewan Keamanan mengadakan konsultasi

Iran dituduh melakukan uji coba rudal jarak menengah yang menurut Israel bisa membawa hulu ledak nuklir (CNN)
Iran dilaporkan telah melakukan uji coba rudal balistik jarak menengah dan meledak setelah menempuh jarak lebih dari 1.010 kilometer.

Seorang sumber mengatakan bahwa lokasi uji coba rudal berada di area dekat Semnan, sebelah timur ibu kota Teheran.

Juru Bicara Gedung Putih Sean Spicer menuturkan, pihaknya masih menggali info lebih banyak lagi mengenai uji coba rudal Iran itu.

"Kami sedang menyelidiki ini. Kami sudah mengetahui bahwa Iran menembakan rudal tersebut. Kami masih harus mencari info lagi sebelum memberi informasi lebih lanjut kepada media", ungkap Spicer dalam konferensi pers seperti dikutip Reuters, Selasa (31/1).

Ketua Senat Komite Hubungan Luar Negeri, Senator Bob Corker, mengecam tindakan Iran tersebut dan mengatakan parlemen bersama pemerintah Donald Trump akan berupaya menghentikan aksi Iran.

Amerika Serikat segera mengajukan pertemuan darurat.

“Berkaitan dengan peluncuran rudal balistik jarak menengah oleh Iran pada 29 Januari, Amerika Serikat meminta Dewan Keamanan mengadakan konsultasi”, ujar pernyataan tertulis misi AS di PBB.

DK PBB kemudian mengadakan pertemuan mendadak terkait Iran. pada Selasa (31/1) waktu setempat.

Duta Besar Israel untuk PBB Danny Danon mengatakan, uji coba rudal itu melanggar resolusi PBB atas larangan Iran meluncurkan rudal balistik yang bisa memiliki kemampuan nuklir.

“Masyarakat internasional tidak boleh berpura-pura tidak tahu mengenai agresi Iran ini”, kata Danon.

Presiden AS Donald Trump mengkritik tajam kesepakatan nuklir Iran yang membuat sanksi internasional atas negara itu dicabut.

Kesepakatan nuklir yang digagas Pemerintahan Barack Obama ditujukan untuk menihilkan kemampuan Iran terkait pembangunan teknologi dan senjata nuklir.

Namun hal itu juga berdampak pada pencabutan sanksi, yang dikritik negara-negara anti Iran. (CNN Indonesia)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.