Secara total, jumlah tewas di pihak Assad mencapai 14.192 tewas

Sekelompok milisi pro rezim tewas di pertempuran Aleppo selatan, pertengahan 2016
Selain merilis jumlah korban sipil di Suriah, kelompok pemantau SOHR juga merici data jumlah tewas di kelompok petempur dari semua pihak bertikai. (Lihat: Jumlah korban sipil di Suriah tahun 2016)

Secara total, sekitar 60 ribu manusia kehilangan nyawa sepanjang 2016, menurut SOHR. Mereka dibagi dalam 4 kategori utama, yaitu warga sipil, pihak oposisi, rezim Assad dan milisi Syi'ah, serta petempur asing.

Yang dimaksud petempur asing ialah WN luar negeri yang bergabung dalam kelompok-kelompok tempur tertentu di Suriah, dan bisa berseberangan satu sama lain. Misalnya kelompok ultra ekstrimis ISIS yang dimusuhi semua faksi.

Secara garis besar mereka adalah grup jihadis yang 'bersekutu' dengan oposisi melawan Assad, serta militan ISIS.

Berikut statistik kematian menurut SOHR,

Pejuang asli Suriah yang menentang rezim: 8130 orang

Pembelot pasukan rezim: 40 orang

Tentara rezim dan tingkat perwira (Syrian Arab Army/SAA): 6685 orang

Milisi Syabihah, NDF, loyalis Ba'ats, mata-mata rezim dan milisi rekrutan lain di Suriah: 6201

Milisi Syi'ah Lebanon dari kelompok teroris Hezbollah: 189 orang

Milisi Syi'ah asing, milisi al-Quds dan kelompok pro Assad lainnya: 1117 orang

Secara total, jumlah tewas di pihak Assad mencapai 14.192 tewas (jumlah ini belum merinci angka tewas dari pihak Rusia melalui beberapa insiden).

Petempur asing: 13.297 orang. Warga asing banyak bergabung dengan ISIS dan 2016 mengalami tahun kemunduran besar. Ribuan militan dinyatakan tewas dalam pertempuran Manbij, Raqqah hingga melawan 'Euphrate Shield' dukungan Turki.

Grup jihadis yang memiliki petempur asing adalah Jabhah Fathu Syam (JFS), Jundu al-Aqsa, Hizbul Islam Turkistan serta berbagai kelompok lain yang terlibat pertempuran melawan pasukan rezim dan sekutu.

Namun sebenarnya tak diketahui secara akurat jumlah tewas dari tiap kubu, karena pihak-pihak yang bertikai biasanya menyembunyikan jumlah korban di pihaknya. (SOHR)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.