Indonesia meminta Myanmar memerhatikan masalah HAM di negara bagian Rakhine

Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi

Pemerintah Indonesia menyatakan siap mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi selepas pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Suriname, Nirmala Badrising di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali pada Rabu malam (7/12).

"Saya bertemu dengan State Counsellor Myanmar Aung San Suu Kyi kemarin malam. Suu Kyi mengatakan akses bantuan kemanusiaan akan dibuka. Indonesia siap untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Rohingya", ujar Retno.

Dalam pertemuan tersebut, pemerintah Indonesia juga berharap agar pemerintah Myanmar terus memperhatikan permasalahan perlindungan HAM khususnya di Rakhine.

"Indonesia mengharapkan kiranya kondisi di Rakhine State bisa dikembalikan dengan mepertimbangkan masalah perlindungan dan penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia untuk semua masyarakat yang ada di Rakhine State, termasuk masyarakat Muslim yang tinggal di sana", ujar Reno.

Usai melakukan pertemuan dengan Suu Kyi, Menteri Retno juga bertemu dengan berbagai organisasi kemanusiaan yang siap menyalurkan bantuannya untuk etnis Rohingya di Rakhine.

"Ini adalah kumpulan dari organisasi-organisasi kemanusiaan yang ada di Indonesia, dan juga bantuan dari masyarakat Indonesia, dan kita sepakat pendekatan yang akan kita berikan dalam memberikan bantuan adalah pendekatan kemanusiaan", katanya.

Retno juga menyampaikan bahwa sebelumnya Indonesia telah membangun dua gedung sekolah sebagai bantuan kemanusiaan di Rakhine.

"Kemarin kita bicara dengan teman-teman organisasi kemanusiaan dengan selesainya dua sekolah tersebut maka Indonesia sudah membantu membangun enam sekolah di Rakhine state, dan bantuan-bantuan lain juga saya bahas dengan State Counsellor Myanmar mengenai bantuan apa yang diharapkan dari Indonesia", ujar dia.

Dengan adanya pernyataan ini, pemerintah Indonesia sudah pasti akan terus membantu Myanmar dalam mengembalikan situasi normal di Rakhine dan tentunya termasuk kerjasama atau bantuan kemanusiaan. (Antaranews)
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.