Muhammadiyah meminta dibukanya akses kemanusiaan bagi korban perang

Sikap PP Muhammadiyah tentang tragedi kemanusiaan di Suriah, Aleppo

Aleppo menyedot perhatian dunia, termasuk di Indonesia.

Ormas Islam Muhammadiyah turut menyatakan sikap terkait krisis kemanusiaan Aleppo secara khusus dan Suriah secara umum.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah secara resmi menyatakan pendapat tentang kondisi ini melalui surat bernomor 635/PER/I.O/A/2016.

Berikut pernyataan Muhammadiyah:

***

Perang sipil yang berlangsung selama empat tahun di Suriah telah menyebabkan kurang lebih 450.000 rakyat Suriah, 50.000 di antaranya anak-anak sebagai korban tewas. 4.810.981 rakyat rakyat Suriah menjadi pengungsi di negara-negara sekitar Suriah seperti Yordania, Lebanon, Irak, Mesir dan Turki.

Terakhir, perang di Aleppo menyebabkan ratusan ribu masyarakat sipil terkepung di antara kelompok yang berperang. Tragedi kemanusiaan berupa jatuhnya korban-korban tewas karena perang terus berlangsung setiap hari di tengah pengepungan ini.

Menyikapi situasi terkini di Suriah, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyatakan sikap sebagai berikut :
  1. PP Muhammadiyah mendesak kepada para pihak yang berkonflik untuk membuka akses dan bantuan kemanusiaan untuk korban perang serta melanjutkan proses evakuasi masyarakat sipil yang masih terjebak di Aleppo untuk diungsikan ke tempat yang lebih aman.
  2. PP Muhammadiyah menyerukan perdamaian kepada seluruh pihak terkait.
  3. PP Muhammadiyah mendorong transisi damai menuju Suriah yang sejahtera, damai dan bermartabat dengan mediasi PBB dan bukan melalui institusi level negara.
  4. PP Muhammadiyah menyerukan kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk memelihara persaudaraan dan perdamaian antar anak negeri dan mendorong supaya lebih selektif dan kritis dalam menerima dan membagi informasi baik di online maupun offline, terutama terkait dengan isu konflik di Suriah.
  5. Mendorong Pemerintah Republik Indonesia untuk aktif berpartisipasi dalam perdamaian dunia dengan mengedepankan prinsip-prinsip kemanusiaan, keadilan, netralitas, dan kebebasan.
(PWMU)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.