Sebuah fenomena jarang terjadi, militan ISIS melancarkan serangan serius terhadap Assad

ISIS serang Assad di sekitar Tadmur/Palmyra
Sebuah fenomena jarang terjadi, kelompok militan ISIS berhasil merebut sejumlah wilayah dari pasukan rezim Suriah di dekat kota kuno Palmyra pada Jum'at (9/12) setelah terjadi bentrokan sengit.

ISIS melancarkan serangan mulai Kamis (8/12) malam. Mereka berhasil menguasai lumbung penyimpanan makanan serta sebagian kontrol atas ladang minyak dan gas.

Foto dan video yang dirilis media ISIS, Amaq, menunjukkan tenda pos-pos jaga Assad telah direbut di kawasan gurun tersebut, termasuk sejumlah persenjataan yang ditinggal.

Puluhan tentara Assad tewas dalam pertempuran ini. Sementara pesawat tempur berupaya melakukan serangan balasan untuk mengambil kembali wilayah di sekitar Palmyra.

Ini menjadi pertempuran paling sengit di daerah itu sejak militer Assad berhasil mengusir ISIS tahun lalu.

ISIS telah mengalami kemunduran di Suriah dan Irak sejak tahun lalu, mereka kehilangan banyak wilayahnya oleh musuh-musuhnya, sementara beberapa tokoh seniornya tewas akibat serangan udara.

Kelompok teroris ini datang dari Irak dan mengambil keuntungan perang Suriah dengan merampas banyak wilayah sejak awal 2014, terutama milik oposisi Suriah. (Reuters)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.