Pasukan polisi elit Malaysia, Tiger Platoon, berhasil melumpuhkan salah satu pemimpin gembong penculikan

Sandera militan Abu Sayyaf

Pasukan polisi elit Malaysia, Tiger Platoon, berhasil melumpuhkan salah satu pemimpin gembong penculikan yang bekerja untuk kelompok Abu Sayyaf.

Kelompok ini kerap menculik wisatawan, pelaut, dan nelayan di perairan Sabah, Malaysia dan juga di laut Sulu, Filipina.

Pemimpin kelompok penculik, Abraham Hamid, tewas tertembak bersama 2 buronan lainnya di kota Semporna pada Kamis (8/12)

"Kematian Hamid adalah sebuah pukulan keras terhadap Abu Sayyaf karena ia diduga sebagai pemimpin salah satu kelompok", ujar juru bicara komando Mindanao Barat, Mayor Filemon Tan.

Kelompok pimpinan Hamid diketahui pernah menyandra 2 orang warga Kanada, seorang warga Norwegia, dan satu warga Filipina dari resor ternama di pulau Samal, Davao, pada September tahun lalu.

Semua korban telah dibebaskan tahun ini.

Mayor Tan menjuluki Hamid sebagai "spotter", yaitu orang yang bertugas mencari korban di sekitar perairan Sabah-Sulu, kemudian membawa ke markas pertahanan di hutan kepulaun Sulu atau Basilan.

Sebelumnya, dua anggota Hamid telah ditangkap, sementara dua lainnya dinyatakan hilang bersama seorang sandera.

Kelompok Hamid kerap menggunakan speedboat dengan mesin ganda berkekuatan 80 tenaga Kuda untuk beraksi.

Mereka juga telah berbaiat kepada kelompok teroris ISIS. Kepala kelompok, Isnilon Hapilon, diakui sebagai "pangeran Mujahid".

Meskipun kelompok ini menggunakan corak ke-Islaman. Namun mereka lebih dikenal sebagai kriminal yang memiliki taktik efektif dalam mendapatkan uang dalam jumlah besar.

Sejak Maret, Abu Sayyaf mencegat kapal batubara di perairan perbatasan Malaysia-Filipina, serta menyandra puluhan pelaut Indonesia.

Diketahui, Abu Sayyaf masih memiliki tawanan seorang pelaut Jerman Jurgen Kantner, seorang warga negara Belanda, lima orang Malaysia, dua orang Indonesia, enam Vietnam dan dan tujuh orang Filipina. (Strait Times)
Share To:

Taufiq Akbar Wardiana

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.