JPU yang menangani perkara Ahok diketuai oleh jaksa Ali Mukartono yang beragama Islam

Kejagung RI
Kejaksaan Agung membantah memilih Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari yang beragama bukan Islam.

Ali Mukartono, selaku ketua tim JPU adalah seorang Muslim yang dinilai berintegritas dan profesional dalam penegakan hukum, serta telah teruji selama bertugas di Kejaksaan.

"Yang akan menyidangkan perkara itu nantinya jaksa Ali Mukartono, dan tentunya dibantu beberapa jaksa lainnya. Kita tetap menjaga profesionalitas dalam penanganan perkara", ujar Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Agung Noor Rochmad kepada Harian Terbit, Minggu (4/12).

Jampidum diminta klarifikasi terkait beredarnya kabar bahwa JPU kasus Ahok diduga pro Ahok.

Pasalnya, berdasarkan data di SIPP Pengadilan Jakarta Utara tertera Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menangani perkara Ahok adalah IREINE R KORENGKENG SE.SH.MH seorang jaksa beragama Kristen.

Menurut Jampidum, jaksa Ireine, yang bertugas di Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara, hanya diminta tolong oleh Tim JPU membawa berkas perkara Ahok ke PN Jakarta Utara.

Jika pun namanya tercatat di panitera PN Jakarta Utara maka itu hanya untuk admistrasi.

Sedangkan JPU yang menangani perkara Ahok tetap diketuai jaksa Ali Mukartono, Direktur Tindak Pidana Orang dan Harta Benda (Oharda) Kejagung dan mantan Kajati Bengkulu.

Sebelumnya di dunia maya sempat heboh atas beredarnya nama Ireine dalam bagian JPU kasus Ahok.

Kabar tersebut digiring sebagai opini bahwa ada upaya untuk membebaskan Ahok dari jeratan hukum.

Kejagung sendiri memutuskan tidak menahan tersangka Ahok. Hal ini membuat kecewa umat Islam yang hadir dalam Aksi 212 lalu.

Seorang peserta aksi mengatakan, Kejagung diduga tidak netral karena diketuai oleh orang dari parpol pendukung Ahok. (Harian Terbit/rslh)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.