Presiden Joko Widodo bertemu dengan mantan Sekjen PBB, Koffi Anan

Koffi Anan dan Jokowi (Antara foto)

Presiden Joko Widodo bertemu dengan mantan Sekjen PBB, Koffi Anan di Badung International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali pada Kamis (8/12).

Pertemuan tersebut membahas mengenai konflik yang melanda etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Sebelumnya Jokowi sudah menugaskan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi agar bertemu dengan pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi untuk memastikan pemberian bantuan pemerintah Indonesia kepada etnis Rohinya.

"Saya telah menugaskan Menteri Luar Negeri untuk berkunjung ke Myanmar, minggu yang lalu sudah bertemu dengan State Counselor of Myanmar Aung San Suu Kyi di capital (ibu kota) Myanmar untuk membahas situasi yang terjadi di Rakhine State", kata Presiden Jokowi setelah pertemuan dengan Kofi Annan di Badung International Convention Center (BICC) Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis.

Bersama Koffi Anan yang kini menjabat sebagai Ketua Komite Penasehat Rakhine, Jokowi mengatakan telah berdiskusi mengenai langkah apa saja yang perlu dilakukan.

"Tadi berbicara banyak dan dalam diskusi tadi beliau menyampaikan mengenai langkah-langkah yang perlu kita ambil dalam membantu (masalah) kemanusiaan yang ada di Rakhine State", ujar Joko Widodo.

Ia menyampaikan, pemerintah akan segera melakukan pengiriman barang bantuan berupa makanan dan selimut.

"Itu memang yang dibutuhkan secepatnya, makanan dan selimut tapi tentu saja akan ada bantuan kedua yang bisa dalam bentuk dibangunnya sekolah misalnya", kata Presiden.

Presiden juga menyampaikan apresiasi Koffi Anan terhadap Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak di dunia yang menawarkan secara langsung bantuan konkret bagi Muslim Rohingya.

"Apresiasi kita sebagai negara muslim terbesar di dunia yang langsung bertanya kepada State Counselor Aung San Suuu Kui mengenai apa yang bisa kita lakukan", kata Presiden menjelaskan hal yang disampaikan Kofi Annan pada pertemuan itu. (Antaranews)
Share To:

Taufiq Risalah

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.