"Saya tidak ragu bahwa kerjasama ini akan menguntungkan stabilitas maupun keamanan di kawasan dan dunia Islam", kata Rouhani

Jokowi dan Rouhani
Presiden Republik Syi'ah Iran, Hassan Rouhani menilai kerja sama antara negaranya dan Indonesia dapat memberikan kontribusi "keamanan dunia Islam".

Rouhani menyampaikan itu di Teheran, dalam konferensi pers bersama Presiden RI, Joko Widodo, setelah kedua pemimpin mengadakan pertemuan bilateral, Rabu (14/12).

"Saya tidak ragu bahwa kerjasama ini akan menguntungkan stabilitas maupun keamanan di kawasan dan dunia Islam", kata Rouhani, dilansir media Iran Press TV.

Menurutnya, hubungan bilateral kedua negara terus meningkat sejak kunjungannya ke negara Asia Tenggara, 2015 lalu. Serta pasca kesepakatan nuklir Iran dengan Barat, yang menyebabkan dicabutnya berbagai sanksi.

"Kami menghargai hubungan dengan Indonesia, sebagai negara Muslim penting di Asia Timur. Lalu Iran, sebagai negara penting di Asia Barat", tambahnya.

Dalam kerja sama ini, Iran akan menjual minyak mentah, gas alam cair dan petrokimia maupun produk lainnya.

Selanjutnya, Teheran dan Jakarta juga sepakat melakukan perdagangan langsung, tanpa broker pihak ketiga.

Sementara itu, Jokowi menggambarkan perjalanannya ke Teheran sebagai babak baru hubungan Teheran-Jakarta.

Ia mengatakan bahwa pembicaraan difokuskan pada hubungan bilateral di berbagai bidang, termasuk energi dan ekonomi.

Kunjungan ini juga menghasilkan penandatanganan 4 perjanjian kerja sama, baik di bidang hukum seperti ekstradisi, juga listrik dan energi terbarukan, serta promosi untuk saling investasi.

Pihak swasta kedua negara pun menandatangani delapan dokumen kerja sama untuk memperdalam hubungan.

Selain itu, kedua pihak sepakat bekerja sama untuk upaya menyelesaikan masalah di dunia Islam, seperti Yaman, Suriah, dan Myanmar.

Sebuah delegasi Indonesia akan dikirim ke Teheran kurang dari dua bulan ke depan untuk menindaklanjuti pelaksanaan dokumen yang ditandatangani. (Press TV)
Share To:

Risalah Media

Berita dan informasi dengan sudut pandang Islam

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: only a member of this blog may post a comment.